alexametrics

Lobi Fraksi Masih Alot

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Lobi politik dalam penentuan fraksi di DPRD Kabupaten Temanggung terlihat masih alot. Setelah dilantik pada 19 Agustus 2019 lalu, alat kelengkapan fraksi belum terbentuk. Empat partai yang tidak memenuhi syarat membentuk fraksi sendiri belum menentukan akan bergabung dengan partai apa.

Ketua Sementara DPRD Temanggung Gunawan Adi mengungkapkan, saat ini masing masing partai masih dalam fase konsolidasi politik untuk menentukan fraksinya. Ia sudah melayangkan surat kepada partai yang memiliki kursi di DPRD untuk menyerahkan data pembentukan. “Sesuai tugas pimpinan sementara, kami minggu lalu sudah melayangkan surat ke 10 parpol untuk segera menyerahkan nama fraksi, anggota dan pimpinan fraksinya,” ucapnya.

Baca juga:  Pelanggan PLN Sambut Promo Ramadan

Namun demikian, hingga kemarin belum ada satupun partai yang menyerahkan susunan fraksinya. Memang ada sejumlah partai yang sudah terlihat menyatakan diri sebagai fraksi, namun demikian ada sejumlah partai yang harus mendapatkan restu dari pusat untuk menentukan fraksinya. “Lobinya masih belum selesai, terutama untuk pimpinan alat kelengkapannya,” tuturnya.

Sesuai aturan, fraksi bisa terbentuk dengan anggota minimal empat orang, sesuai dengan jumlah komisi di DPRD. Dari hasil Pemilu 2019, ada 6 partai yang bisa membentuk fraksi sendiri, yakni PDI Perjuangan (9 kursi), PKB (7 kursi), Partai Golkar (6 kursi), Partai Gerindra (5 kursi), PAN (5 kursi) dan PPP (5 kursi). Sedangkan PKS (3 kursi), Partai Nasdem (2 kursi), Partai Hanura (2 kursi) dan Partai Demokrat (1 kursi) harus bergabung dengan partai lain sehingga memenuhi syarat pembentukan fraksi.

Baca juga:  Bocah SD Tulis Surat Wasiat Sebelum Bunuh Diri

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengaku telah melayangkan surat kepada empat partai politik yang berhasil mendapatkan kursi pimpinan DPRD Temanggung periode 2019/2024 untuk segera menyetorkan nama-nama calon pimpinannya. PDIP Perjuangan sebagai pemenang pemilu berhak menduduki kursi ketua DPRD. Sementara tiga kursi wakil ketua untuk PKB, Partai Golkar dan Partai Gerindra. “PPP, PAN dan Gerindra ini memang memiliki jumlah anggota DPR yang sama yakni masing-masing 5. Tapi partai yang memiliki suara terbanyak yakni Gerindra maka Gerindra lah yang berhak mendapatkan kursi pimpinan,” tuturnya.

Elynawati, salah satu anggota DPRD Temanggung dari PKS mengaku sampai saat ini partainya masih belum menentukan sikap untuk bergabung dengan partai apa. “Kami masih belum fix gabung partai apa, kami masih menjalin komunikasi dengan sejumlah partai baik PAN, Demokrat maupun Gerindra,” tuturnya. (tbh/ton)

Baca juga:  Ada Lima Titik Longsor di Temanggung, Enam Rumah Rusak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya