alexametrics

Kualitas Air Menurun, Pemuda Bersihkan Kali

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Prihatin dengan kondisi sungai yang tercemari, puluhan pemuda Karang Taruna Desa Kedungumpul Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung aksi bersih Sungai Progo, kemarin. Aksi dilakukan bersama warga Dinas Lingkungan Hidup serta komunitas mancing mania. Mereka membersihkan sampah di bawah jembatan Sungai Progo di desa setempat.

Dengan peralatan seadanya, puluhan relawan memunguti sampah-sampah yang kebanyakan adalah limbah rumah tangga. Hasilnya pun tak tanggung-tanggung. Ratusan kantong yang dibawa relawan dipenuhi sampah untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Tidak hanya aliran sungai aksi sosial ini juga menyasar sampai jembatan Progo Jengkiling yang dipenuhi sampah.

Ketua Karang Taruna Kedungumpul Ananto Widodo mengungkapkan aksi tersebut merupakan bentuk keprihatinan warga dan pemuda melihat kondisi Sungai Progo yang saat ini dicemari oleh sampah. “Kami berharap dengan aksi sosial ini Sungai Progo akan jauh lebih bersih. Dan juga sebagai bentuk peringatan agar masyarakat lebih bisa memperdulikan kondisi daerah aliran sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya.

Baca juga:  BLT Minyak Goreng Mulai Disalurkan

Sementara itu Kasi Penanggulangan dan Pemulihan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Hani Eko Pratiwi mengatakan saat ini memang terjadi penurunan kualitas air sungai di Kabupaten Temanggung. Penurunan kualitas tersebut dikarenakan banyak air sungai yang tercemar akibat limbah, khususnya limbah rumah tangga. (tbh/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya