alexametrics

13 Kapal di Pelabuhan Tegal Ludes Terbakar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tegal—Kebakaran hebat Sabtu (29/1/2022) menghanguskan 13 kapal yang berlabuh di dermaga niaga PT Pelindo III (Persero) Cabang Tegal. Informasi yang diperoleh radarsemarang.id, awalnya api melumat sebuah kapal, pukul 04.30. Api dengan cepat menyambar kapal lainnya yang saling berhimpitan.

Kepanikan terjadi di area dermaga. Orang-orang suruhan juragan kapal, berusaha menarik kapal-kapal mereka agar tak tersentuh api. Namun lidah api dengan cepat melumat kapal-kapal itu. Bunyi sirine mobil pemadam kebakaran memecah telinga warga Kota Tegal yang tinggal di sekitar pelabuhan. Selain dari Kota Tegal, mobil pemadam kebakaran didatangkan dari Slawi, Kabupaten Tegal, Brebes, dan kota-kota sekitar. Informasi sementara, kerugian ditaksir mencapai Rp 3 miliar.

Baca juga:  13 Kapal di Tegal Ludes Terbakar, Wakil Wali Kota Tegal: KKP Harus Merevitalisasi Pelabuhan Tegal

H. Tambari, seniman Tegal yang juga seorang juragan kapal mengaku belum tahu persis penyebab kebakaran. Kata Tambari, empat kapalnya turut terbakar. “Dua (kapal) sudah hangus, dua lagi dalam proses pemadaman,” katanya.

Kepala Sie Damkar dan Penyelamatan BPBD Kota Tegal Teguh Supriyadi menuturkan, pihaknya kesulitan memadamkan kapal. Penyebabnya, letak kapal saling berhimpitan. Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad menambahkan, sebanyak 13 kapal terbakar dalam peristiwa tersebut. Petugas damkar personel TNI, Polri dan masyarakat berjibaku memadamkan kobaran api dan mencegah meluasnya kebakaran.

“Kami sedang membuka jalur untuk mengamankan ratusan kapal yang sedang sandar agar tidak ikut terbakar.” (isk)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya