Bank BJB Gandeng Kejari Tegal

156
SERAHKAN DOKUMEN : Pemimpin Bank bjb Cabang Tegal M Fajar Firdaus Muttaqin menyerahkan dokumen perjanjian kerja sama kepada Kajari Tegal I Made Suwarjana, Kamis (10/10). (IST)
SERAHKAN DOKUMEN : Pemimpin Bank bjb Cabang Tegal M Fajar Firdaus Muttaqin menyerahkan dokumen perjanjian kerja sama kepada Kajari Tegal I Made Suwarjana, Kamis (10/10). (IST)

RADARSEMARANG.ID, TEGAL – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) Cabang Tegal resmi bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tegal. Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Pimpinan Bank bjb Cabang Tegal M Fajar Firdaus Muttaqin dan Kepala Kejaksaan Negeri Tegal I Made Suwarjana di salah satu hotel Kota Tegal, Kamis (10/10).

Pimpinan Bank bjb Cabang Tegal M Fajar Firdaus Muttaqin mengatakan, bank merupakan lembaga intermediasi. Terdapat Sistem Laporan Informasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memuat riwayat nasabah. Selama ini, banyak nasabah yang sebenarnya mampu, namun lalai melaksanakan kewajibannya kepada perbankan.

“Kerja sama dengan Kejaksaan adalah hal lumrah untuk memberikan edukasi kepada nasabah,” kata Firdaus.

Dengan patuhnya nasabah dalam melaksanakan kewajibannya, maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Dengan sinergitas ini, semoga nantinya nasabah dapat teredukasi agar pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik lagi,” ujar Firdaus.

Kajari Tegal I Made Suwarjana menjelaskan, tugas dan wewenang kejaksaan diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 tentang Kejaksaan. Pada pasal 30 ayat 2 disebutkan, di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak di dalam maupun luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah.

Sedangkan di pasal 34 ditegaskan bahwa kejaksaan dapat memberikan pertimbangan hukum kepada instansi pemerintah lainnya. Kejaksaan mengapresiasi inisiatif Bank bjb untuk menjalin kerja sama. “Saya mengapresiasi kerja sama ini, dan berharap Bank bjb tidak sungkan-sungkan dengan kejaksaan. Semoga kerja sama ini dapat memberikan kontribusi positif,” ungkap Suwarjana.

Terpisah, M As’adi Budiman selaku  Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank bjb, mengatakan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat mendorong tata kelola perusahaan agar tercipta iklim kerja yang transparan, akuntabel, efisien, dan efektif. “Kerja sama ini akan membuat tata kelola perusahaan semakin baik dan sejalan dengan tujuan perusahaan, serta agar visi dan misi perusahaan terkawal dengan baik sehingga tercapai kinerja yang positif namun tetap sehat,” harapnya. (nam/jpg/aro)