alexametrics

Meriahkan HUT RI Ke-77, Semarang Zoo Gelar Parade Satwa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Selain upacara bendera, peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI juga dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan unik. Di antaranya, digelar parade satwa di Semarang Zoo.

Ada pemandangan berbeda saat tujuhbelasan, kemarin. Jika biasanya pengunjung Semarang Zoo hanya bisa melihat hewan dari dalam kandang ataupun saat beratraksi. Kali ini, puluhan hewan diarak keliling Semarang Zoo untuk melakukan parade lengkap dengan pasukan marching band.

Parade dibuka dengan rombongan anjing kecil warna coklat yang lucu dan imut. Anjing tampak berlari lincah memecah keramaian. Satwa binturong, ular, gajah, marimau, elang jawa, dan iguana, juga tak mau ketinggalan, menyapa pengunjung.

Tak pelak pengunjung yang kebetulan datang ke Semarang Zoo merasa senang, karena ada konsep hiburan yang berbeda dan membuat suasana semakin meriah.

Baca juga:  Empat Kandidat Tuan Rumah Porprov 2022

“Ini jinak kok, nggak apa-apa mendekat saja kalau mau foto,” ujar seorang pawang gajah asli Indonesia ini.

Mereka pun mencoba mendekat dan tak jarang melakukan foto dengan beberapa satwa tadi, terutama gajah yang menjadi primadona. Pengunjung semakin antusias, apalagi para pawang yang membawa hewan menggunakan pakaian adat, bukan seragam seperti hari biasa. “Unik ya menurut saya, konsep ini bisa dibuat saat libur hari besar saat ramai pengunjung. Jadi, anak-anak bisa senang,” kata Rina, salah satu pengunjung.

Direktur Semarang Zoo Choirul Awaludin menjelaskan, parade satwa ini dilakukan oleh pihak manajemen dengan cara baru dan berbeda untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77.

Baca juga:  Longsoran Tanah Timbun Saluran Air

“Kita buat konsep yang berbeda pada tahun ini. Kita bawa satwa keluar kandang dengan membuat parade satwa atau karnaval satwa untuk menghibur pengunjung. Dan ini baru pertama kita lakukan,” katanya.

Pria yang akrab disapa Awal ini mengaku, ingin memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk langsung berinteraksi dengan satwa koleksi Semarang Zoo yang sudah jinak. Total ada 23 satwa yang sudah terlatih, seperti berbagai jenis burung, binturong, harimau, dan lainnya.

“Secara tidak langsung, kita ingin meningkatkan nasionalisme dengan mengenalkan satwa asli Indonesia sebagai salah satu kekayaan yang dimiliki bangsa ini. Satwa ini juga termasuk satwa yang dilindungi,” tuturnya. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya