Ratusan Santri Lansia Gelar Upacara Kemerdekaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Meski sudah lanjut usia, ratusan lansia di Sukorejo Gunungpati, tak ketinggalan melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 17 Agustus. Mereka harus melakukan persiapan latihan dulu seminggu untuk melaksanakan upacara tersebut.

“Para santri ini katanya menginginkan memories dulu ketika upacara. Karena ya sudah lama gak upacara sampai mereka persiapan dulu, gladi bersih. Latihan sejak satu minggu,” ungkap Ketua Yayasan Pesantren Lansia, Muhammad Idris, kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (17/8/2022).

Inspektur upacara juga dipimpin para Lansia. Hasilnya, upacara tersebut berlangsung Khidmat. Mereka juga hafal menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Kemerdekaan, yang diiringi oleh dirigen. Menurut Idris, momentum ini juga untuk mengenang para pahlawan yang berjasa dalam merebut kemerdekaan melawan penjajah.

Baca juga:  Feeder Lengkapi Layanan BRT

“Para santri juga masih bersemangat untuk mengisi kemerdekaan ini dengan cara banyak beribadah, berdoa, untuk mempersiapkan bekal kematian. Semoga kita semua husnul khatimah,” katanya disambut ucapan amiiin para santri.

Total santri yang berada dalam pesantren Lansia ini mencapai 175 orang dari perempuan, dan 25 dari laki-laki. Sebagian besar dari warga sekitar. Namun ada juga pendatang dari Kendal, Yogyakarta dan Temanggung. Rata-rata usianya 60 sampai 85 tahun.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya