Gelar Restocking, Tebar 52.500 Benih Ikan di Sungai Banjir Kanal Barat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Sambut Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, Dinas Perikanan Kota Semarang menggelar restocking ikan. Sebanyak 52.500 benih ikan ditebar di Sungai Banjir Kanal Barat, Selasa (9/8).

Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang Suhindoyo menjelaskan, ada 52.500 benih ikan dari dua jenis ikan yang ditebar, yakni ikan nila dan ikan tawes. “Penebaran ikan ini untuk menyambut Kemerdekaan RI ke-77, salah satunya tebar benih ikan ini,” katanya.

Benih ikan akan dapat dipanen setelah tiga bulan ditebar. Bahkan semakin semakin lama, semakin bagus ikannya. “Kami tidak memilih ikan lele, karena sifatnya kanibal. Ikan lele akan memakan ikan yang lebih kecil. Makanya memilih ikan nilai dan tawes,,” katanya.

Baca juga:  Nasida Ria, Penampilan Ketiga di Jerman, dan Umur Panjang Kesuksesan

Diakuinya, banyak tempat yang sudah ditebari benih ikan. Seperti di Waduk Jatibarang dan berbagai tempat di 16 kecamatan se-Kota Semarang. Tebar benih ikan ini merupakan program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami bersama dinas terkait, seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Kabag Protokol, dan Kabag Ekonomi bersama-sama menebar ikan di sini,” ujarnya.

Tahun ini, Dinas Perikanan Kota Semarang sudah menebar benih ikan sekitar 200 ribu benih di seluruh penjuru Kota Semarang. “Mungkin kalau ada masyarakat yang suka mancing, kami tebar ikan di pelosok Kota Semarang,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus menambah benih ikan untuk ditebar di perairan pelosok Kota Semarang. “Kadang-kadang ada kelompok masyarakat yang ingin tebar benih ikan, kami pasti bantu itu,” ujarnya.

Baca juga:  Cak To–Afank Deklarasi Calon Ketua-Sekretaris Peradi Semarang

Ia berharap melalui kegiatan penebaran ikan dapat menumbuhkan ekosistem alam. Dengan adanya ikan bertebaran di sungai, kata dia, maka burung-burung akan ikut hinggap di sekitar sungai.

Salah satu warga Puspowarno, Supardi, mengaku, sangat senang dengan adanya penebaran benih ikan ini menjadikan Kota Semarang lebih indah. “Saya harap ke depannya Kota Semarang bisa lebih baik lagi terutama dalam menumbuhkan ekosistem alam. Saya juga suka mancing di sini,” ungkapnya. (fgr/mg10/mg11/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya