alexametrics

Kabur dari Panti Rehabilitasi, Dinsos Kembalikan ODGJ ke Keluarganya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berusia 30 tahun ini lari dari Panti Rehabilitasi Pangruki Mulyo Rembang. Sempat menggelandang di Kota Semarang. Bahkan meresahkan warga di sekitar Kawasan Industri Tugu. Lalu petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang yang mendapatkan laporan menangkapnya dan mengembalikan ke keluarganya di Kabupaten Pati.

“Dia ditangkap Satpol PP di Perumahan Sangrila, Randugarut, Tugu, Semarang. Lalu dievakuasi ke RSJ Amino Gondhohutomo didampingi tim Dinsos,” kata Koordinator Tim Penjangkuan Dinsos (TPD) Kota Semarang Dwi Supratiwi Rabu (6/7)

Setelah dirawat, kondisinya sudah membaik dan mampu menyebut identitas dirinya. Kemudian TPD berkoordinasi dan melakukan cek sidik jari untuk memastikan identitasnya sesuai dengan data kependudukan. “Ini kami koordinasikan agar jelas dari mana asalnya dan diketahui berasal dari Pati,” jelasnya.

Baca juga:  Kios Akik Dargo Sepi, Pilih Jualan Online

Pendampingan administrasi dan monitoring juga dilakukan oleh Dinsos. Sampai akhirnya dikembalikan ke keluarga serta reunifikasi. Namun pihak keluarga, masih ada keraguan atau ketakutan jika sewaktu-waktu kambuh. “Ibunya kami hadirkan ke panti. Jadi reunifikasi di panti. Kelurahan menghendaki dirawat di panti dulu, karena kondisinya belum stabil,” bebernya.

Kepala Seksi (Kasie) Tuna Susila dan Perdagangan Orang (TSPO) Dinsos Kota Semarang Bambang Sumedi menambahkan, jika mengembalikan klien atau biasa disebut kelayan bukan perkara mudah. Harus memperhatikan banyak hal seperti kesiapan keluarga. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya