alexametrics

Dari Akpol, Jokowi Kunjungi Pasar Peterongan Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengunjungi Pasar Peterongan, Semarang Selatan, Selasa (5/7) hari ini. Jokowi akan memberikan bantuan kepada pedagang sebanyak 200 orang.

Kemarin, persiapan sudah dilakukan di pasar tua ini. Para pedagang kaki lima (PKL) ditertibkan. Jalan di depan pasar juga diaspal. Bendera merah putih dipasang di sepanjang Jalan MT Haryono, depan pasar.

Informasi yang diperoleh, presiden bersama ibu negara dan rombongan akan tiba di Pasar Peterongan sekitar pukul 10.45. Di lokasi akan disambut Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin dan Kepala Dinas Perdagangan Nurkholis. Dalam kunjungan ini, Jokowi akan menyerahkan bantuan BLT PKH kepada 100 orang, dan bantuan modal kerja kepada 100 pedagang.

Baca juga:  Perayaan Imlek, dari Barongsai hingga Kaligrafi di Mal Ciputra

Kegiatan ini dilaksanakan setelah presiden menghadiri puncak HUT ke-76 Bhayangkara di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

“Presiden Joko Widodo berkenan menjadi irup upacara. Sedangkan jumlah pasukan yang dilibatkan sebanyak 1.996 personel dari unsur Polri, TNI, dan eksponen masyarakat,” ungkap Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan melalui rilis, Senin (4/7).

Sejumlah aksi spektakuler akan disajikan dalam upacara tersebut. Setelah upacara, kegiatan dilajutkan dengan Festival Hari Bhayangkara ke-76 yang menampilkan Expo Alat Material Khusus (Almatsus) Polri, Pasar Rakyat, lomba mural, dan lomba musik musisi jalanan.

“Untuk pesta rakyat dilaksanakan di lapangan Taruna Bhayangkara. Adapun stan terdiri atas enam area, di antaranya UMKM, kuliner rakyat, pasar murah, vaksinasi booster Presisi dan pengobatan gratis, permainan anak dan hiburan rakyat. Adapula lomba musik musisi jalanan dan kesenian antarpelajar, penampilan musik Polda Jateng serta pameran mural,” bebernya.

Baca juga:  Mantan Ketua PN Semarang Kembali Terseret

Diperkirakan, puluhan ribu masyarakat Jateng akan hadir memeriahkan rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara. Meski demikian, seluruh warga yang hadir diwajibkan untuk mengenakan masker dan mentaati protokol kesehatan. Termasuk juga pasukan upacara kegiatan tersebut.

“Semua pasukan upacara sudah melakukan swab antigen dan telah menerima vaksin booster. Masyarakat juga dipersilakan hadir, karena selain pesta rakyat, juga ada vaksinasi mulai vaksin tahap satu hingga booster,” jelasnya.

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, kepolisian juga akan melakukan rekayasa arus lalulintas untuk mengantisipasi kemacetan. Pihaknya menyebutkan, saat kegiatan mulai pagi hingga siang hari, arus lalu lintas di Jalan Papandayan Semarang akan dibuat satu arah pada 5 Juli 2022.

Baca juga:  Rekor Baru Unnes, Buat Batik Cap dari Limbah Mangrove Sepanjang 328,17 Meter

“Dari Kagok menuju Sampangan, Jalan Papandayan Raya akan dibuat satu arah. Untuk warga yang menuju Jalan Kagok bisa melintas di Jalan Tumpang Raya,” katanya.

Setelah kegiatan di Akpol selesai, arus lalu lintas akan dikembalikan seperti semula. Menurutnya, pengalihan arus ini bersifat sementara dengan tujuan untuk memudahkan warga yang melintas di Jalan Papandayan dan sekitarnya. (mha/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya