alexametrics

Humas Bea Cukai Se-Jateng DIY Belajar Jurnalistik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 28 humas dari sembilan kantor bea cukai se-Jawa Tengah dan DIY mengikuti Rakor Humas di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY (Kanwil DJBC), Jalan Ahmad Yani, Selasa (28/6). Pada sesi terakhir, puluhan pegawai itu mendapat pelatihan jurnalistik dari Pemimpin Redaksi (Pemred) Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto.

Menurut Aro-sapaan akrab Arif Riyanto- instansi pemerintah juga boleh menulis rilis pemberitaan dengan gaya luwes dan enak dibaca masyarakat umum. Dalam pelatihan tersebut, Aro juga membedah beberapa kesalahan penulisan yang kerap terjadi di instansi pemerintahan. Seperti halnya nama narasumber yang tidak disebutkan hingga kurangnya kutipan langsung dalam naskah berita.

Baca juga:  Kayu Olahan Komoditi Ekspor Terbesar Sepanjang 2020

“Menyebutkan narasumber juga boleh dengan sebutan lainnya seperti lulusan sekolah mana, usia berapa, atau ciri khas yang melekat dengannya,” ujar Aro.

Sesi jurnalistik selama 120 menit itu cukup interaktif. Peserta diberi kesempatan bertanya mengenai produk jurnalistik.
Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Humas Kanwil DJBC Cahya Nugraha sepakat penulisan berita dapat dikemas menarik agar diminati pembaca atau masyarakat.

Cahya mengatakan ini buka pertama kalinya DJBC menggelar pelatihan. Rakor Humas tersebut rutin diagendakan setiap semester. Sehingga saat terjadi rolling pegawai ke posisi lain, pegawai baru dapat beradaptasi di kehumasan dengan baik dan terarah.

“Ya target kami setiap pegawai memahami tugas kehumasan dan bisa menginfokan kinerja bea cukai kepada masyarakat,” ungkap Cahya.

Baca juga:  Ratusan Karung Pakaian Bekas Diamankan

Selain jurnalistik, pada rakor itu pihaknya memiliki tiga sesi lainnya. Di antaranya menangani berita negatif, mengelola medsos, hingga indikator capaian kinerja individu. Pemateri didatangkan dari bea cukai pusat, dosen vokasi Undip, dan praktisi. Keempat sesi dilangsungkan sejak pukul 08.30-16.00 WIB.

Peserta merupakan perwakilan dari 9 kantor bea cukai dari Semarang, Kudus, Tegal, Cilacap, Solo, Yogyakarta, dan lainnya. Masing-masing mengirim tiga delegasi yang terdiri dari Kepala Seksi, Pemeriksa, dan Staff. (bis/taf/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya