alexametrics

Sidak Kelayakan Armada, Temukan Surat Uji KIR Kedaluwarsa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) mengintensifkan pengecekan kelaikan armada angkutan umum. Menyusul tingginya angka kecelakaan yang melibatkan transportasi umum. Kasus tersebut pun menjadi perhatian pemerintah pusat.

Kementerian Perhubungan memberikan rekomendasi Dishub provinsi ataupun kabupaten/kota melalui surat Nomor : AJ.202/1/11/DRJD/2022, tentang perhomohonan himbauan pengecekan kendaraan angkutan pariwisata.

Dishub Kota Semarang, Dishub Provinsi Jateng langsung menindaklanjuti surat edaran tersebut dengan melakukan pengecekan angkutan penumpang ke pool bus trayek, maupun pariwisata.

“Kita sidak seluruh pool di Semarang sebagai bentuk antisipasi dan memastikan kendaraan layak jalan,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Semarang, Dede Bambang Hartono kemarin.

Dalam pengecekan, petugas memastikan armada bus tertib administrasi dan layak jalan. Hasil pengecekan di pool bus kawasan Kaligawe, petugas hanya mendapati bus-bus yang sudah tidak beroperasi. Sedangkan, bus yang beroperasi berada di pool luar kota.

Baca juga:  Arus Lalu Lintas Padat, Jadikan Jalan Wahid Hasyim Searah

“Yang di sini kami cek administrasinya. Kalau bus beres, baru kami melakukan kelayakan uji. Ini bus sudah tidak berjalan, bus yang masih berjalan poolnya di Pati,” jelasnya.

Petugas juga mendapati perizinan yang sudah tidak berlaku atau terlambat melakukan uji KIR. Petugas dengan tegas meminta agar pemilik bus taat aturan agar tercipta transportasi yang nyaman dan aman. Salah satu contohnya ketika surat KIR mati, artinya harus dilakukan uji kelayakan.

“Jika dipaksakan tetap beroperasi, dikhawatirkan ada komponen-komponen yang tidak berfungsi, misalnya rem, lampu wiper, ini sangat membahayakan penumpang karena ini menyangkut nyawa,” pungkasnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya