alexametrics

Lagi-Lagi Kecelakaan di Tanjakan Silayur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kecelakaan di tanjakan Silayur, Jalan Prof Hamka, Ngaliyan terus berulang. Jumat (24/6) sekitar pukul 16.00 WIB, sebuah truk boks mengalami rem blong dan terjun ke dalam jurang kurang lebih sedalam tujuh meter.

Truk bernomor polisi H 9840 QA ini melaju dari arah Boja menuju Jrakah, atau dari tanjakan menuju turunan. Tiba-tiba, pengemudi truk tidak bisa mengurangi kecepatan ketika melintas di turunan jalan, sekitar 200 meter sebelum lokasi kejadian.

Infografis

“Tadi saya sempat lihat, truk itu klakson-klakson terus. Sopirnya kan sendirian, kepalanya dikeluarkan dari pintu sambil teriak-teriak “blong, blong”, gitu,” ungkap saksi mata di lokasi kejadian, Kris kepada Jawa Pos Radar Semarang Jumat (24/6).

Menurutnya, saat kejadian, lalu lintas dari arah atas dalam keadaan sepi. Kemudian pengemudi berinisiatif membanting setir ke kiri, hingga truk terjun ke jurang yang dipenuhi pepohonan pisang.

Baca juga:  Konsep Vaksinasi Drive Thru Efektif Tekan Kerumunan

“Untung sopirnya pintar, banting ke kiri. Kalau tidak dibanting, ya bablas malah kemungkinan bisa nabrak-nabrak. Turunan di sini kan memang rawan kecelakaan. Ya seringnya rem blong,” bebernya.

Ia menduga truk yang mengalami musibah ini mengalami rem blong. Beruntungnya, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. “Sopirnya saya kenal, namanya Pak Agus, warga Boja. Tadi kepalanya hanya mrempol. Kemungkinan kebentur,” katanya.

Truk nahas tersebut mengalami rusak bagian depan. Kacanya hancur. Posisi badan truk miring. Roda depan dan belakang bagian kiri menggantung. Sementara, proses evakuasi sopir truk dilakukan oleh anggota Basarnas Semarang, yang kebetulan markasnya hanya berjarak 200 dari lokasi kejadian.

“Tadi terima laporan dari warga, kemudian kita langsung menuju lokasi melakukan evakuasi. Untuk proses evakuasi, kurang lebih 20 menit. Saat dievakuasi sopir masih full sadar,” kata Komandan Regu Basarnas Semarang Bibit.

Baca juga:   Kelas Menengah Atas masih Mendominasi

Proses evakuasi juga berlangsung dramatis. Petugas Basarnas dengan sabar berupaya mengevakuasi korban dengan berbagai alat. Hingga akhirnya, korban berhasil dievakuasi dan dilarikan ke RS Permata Medika, guna mendapatkan perawatan.

“Korban tergencet oleh bodi depan, jadi antara setir dashboard. Sopir hanya mengalami luka di kaki berdarah. Tadi kita juga berikan oksigen dan memantau korban. Setelah itu kita bawa ke rumah sakit,” katanya.

Sementara itu, Kanit Lakalantas Polsek Ngaliyan Ipda Riyadi, menjelaskan truk tersebut mengalami kecelakaan tunggal. “Jadi, kendaraan truk boks dari atas diduga mengalami rem blong. Kemudian diarahkan ke ke kiri menabrak tiang listrik, dan kemudian terjun ke jurang. Tidak mengenai kendaraan lain,” tegasnya.

Baca juga:  Kota Semarang Punya Rumah dan Kebun Gizi di Srondol Wetan

Sedangkan kondisi sopir masih dalam perawatan di RS Permata Medika. Pihaknya juga belum bisa mengambil keterangan dari pengemudi truk tersebut. Meski demikian, anggotanya terus mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi di lokasi kejadian.

Kejadian ini sempat membuat arus lalu lintas macet namun masih terurai. Bahkan, tiang listrik miring sempat mengganggu arus lalulintas dan kabelnya diterjang kendaraan truk yang melintas. (mha/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya