alexametrics

Mangkal di Terboyo, Bus Luar Kota Ditertibkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Penertiban bus yang mangkal di bekas Terminal Terboyo dilakukan petugas gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Dishub Jateng, dan Satlantas Polrestabes Semarang, Rabu (22/6).

Penertiban mengacu pada Surat Keputusan Wali Kota Semarang Nomor 551.2/166 Tahun 2022 tentang rute lintasan angkutan orang antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP), yang wajib masuk ke Terminal Mangkang.

“Secara aturan tidak boleh lagi ambil atau menurunkan penumpang di Terboyo. Harus dilakukan di Terminal Mangkang, bus masuk ataupun keluar juga harus lewat tol,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Semarang Dede Bambang Hartono kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dari penertiban yang dilakukan tiba-tiba itu, masih banyak ditemukan bus AKAP ataupun AKDP yang mangkal. Padahal eks Terminal Terboyo saat ini difungsikan sebagai terminal angkutan barang.

Baca juga:  Terminal Terboyo Dilengkapi Penginapan

Pantauan yang ada, banyak armada yang memilih kabur ataupun kucing-kucingan dengan petugas dan bersembunyi. Namun dengan tegas, petugas membawa bus tersebut, dan akhirnya dilakukan penilangan.

“Tadi ada yang lolos satu. Yang di depan, kami datangi kabur. Mereka sebenarnya tahu salah, tapi tetap melanggar. Ketika ada operasi, mereka takut, lari,” ujar Dede.

Selain penilangan, juga dilakukan pengecekan surat-surat kendaraan, antara lain STNK, SIM, dan surat uji KIR. Hasilnya, armada dinilai masih layak jalan dan dilengkapi dokumen yang lengkap. Namun mereka tetap terkena sanksi, karena mangkal dan menaikturunkan penumpang di tempat larangan.

Ya, walaupun lengkap tetap kena sanksi, soalnya ini (Terboyo, Red) kan tempat larangan. Harusnya di Terminal Mangkang,” tegasnya.

Baca juga:  Unggul Lawan Kotak Kosong di Hitung Cepat, Hendi: Saya Berharap Tak Ada Euforia Berlebihan 

Seorang awak bus berdalih berhenti di eks Terminal Terboyo lantaran armadanya baru mengalami kecelakaan. Sehingga dia tidak melanjutkan mengangkut penumpang dan memilih beristirahat di Terboyo.

“Tadi malam masuk Terminal Mangkang Pak , tapi ini armadanya habis kecelakaan. Jadi, berhenti di sini dulu sementara,” kilahnya. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya