alexametrics

Hadiri HUT Wirawati Catur Panca, Mbak Ita: Perempuan Dulu Luar Biasa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID — Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Rabu (22/6) menghadiri peringatan HUT Wirawati Catur Panca di lantai 5 Gedung Juang, Jalan Pemuda, Semarang. Wirawati Catur Panca merupakan wadah bagi pejuang eks kelaskaran perempuan.

Ketua Wirawati Catur Panca Jateng, Endang Yunaningsih, menjelaskan, peringatan HUT seharusnya dihelat pada 18 Juni 2022 lalu.

“Kemarin (18/6) ada zoom meeting dari pusat,” jelasnya. Endang menyampaikan, dua pejuang eks kelaskaran perempuan tercatat masih hidup. Salah satunya sudah diakui gubernur karena perannya saat pertempuran lima hari Semarang. Yakni, Bu Darjo.

“Beliau masih sakit. Nanti akan kita bezuk,” kata Endang. Kegiatan lain dalam rangkaian peringatan HUT adalah ziarah ke pemakaman Bergota. Tepatnya, ke makam anggota Wirawati yang telah gugur.

Baca juga:  Edukasi Stunting lewat Demo Masak

Apa kegiatan Wirawati Catur Panca saat ini? Endang menyampaikan, pihaknya tengah menginventarisasi pejuang laskar perempuan yang belum tercatat.

“Kegiatan kami ya sifatnya sosial, juga berupaya meningkatkan kapasitas keluarga pejuang untuk pembangunan di Semarang,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, wakil wali kota yang intim disapa Mbak Ita menyampaikan, peringatan HUT Wirawati Catur Panca untuk mengenang perjuangan laskar perempuan.

“Perempuan zaman dulu luar biasa, tidak hanya di dapur, di kasur, dan di sumur. Tetapi juga maju di gugus depan merobek bendera Belanda,” jelasnya.

Ia mengimbau generasi muda untuk selalu berjuang agar menjaga empat pilar dan mengawal generasi muda agar lebih hebat. “Dan menjadi wanita yang berdaya dan jangan takut berjuang agar lebih maju negara kita,” jelasnya. (fgr/isk)

Baca juga:  Mahasiswa Udinus Ciptakan Aplikasi Natahyuk Sabet Juara Nasional

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya