alexametrics

Cari Bibit Pemain Futsal lewat Kejuaraan Kelompok Umur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Usee Sports Futsal Challenge 2022 akan digelar di GOR Jatidiri Semarang pada 23 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022. Total sebanyak 10 tim  futsal U-20 dan 10 tim dari umum bakal meramaikan ajang tersebut.

Manajer Usee Sports TV, Yohanes Indra menjelaskan turnamen futsal ini diadakan untuk pembinaan olahraga futsal di Indonesia. “Ini tidak hanya diadakan, namun juga ada pembinaan,” jelasnya.

Indra -sapaan akrabnya- menambahkan, saat ini futsal tidak hanya menjadi olahraga rekreasi saja. Namun, bisa menjadi olah raga prestasi. Sehingga pihaknya ingin bertahan dengan baik.

Diakuinya, manajer Timnas Futsal Indonesia menemui dirinya dan menyampaikan turnamen dari kelompok usia jarang dilakukan. Turnamen ini hadir sebagai trobosan, karena U-20 paling dekat menuju Timnas Futsal Senior.

Baca juga:  Sterilisasi Ruang Publik Kembali Digencarkan

Selain itu, antusiasme pemain futsal di Semarang sangat besar. Namun, ia menginginkan permainan dengan baik, fair play, dan motivasi untuk prestasi. “Kami ingin memberikan sumbangsih kepada Timnas, karena ini juga keinginan untuk berprestasi di tingkat nasional,” jelasnya.

10 tim U-20 dan 10 tim katagori umum dipilih karena turnamen ini digagas ketika pandemi. Sehingga jumlah kota dan tim dibatasi. “Total hadiah yang disediakan Rp 74 juta,” jelasnya.

Dengan adanya dua kategori ini, Usee sports TV dan Futsalation berharap event ini dapat menjadi wadah bagi atlet Futsal meningkatkan skill, meraih prestasi, sekaligus pada saat yang bersamaan mampu ikut berperan dalam pembinaan Futsal di Indonesia.

Baca juga:  Buru Bibit Futsal Terbaik, Siap Rambah Sumatera dan Sulawesi

Ke depan turnamen ini menjadi ajang nasional yang diadakan setiap tahunnya. “Sebelumnya di Regional Bandung bulan Maret, sekarang di Regional Semarang bulan Juni, dan Surabaya bulan September,” jelasnya.

Ketua AFP Jateng, Muchamad C Maretan, menambahkan, turnamen futsal ini harus selalu berjalan. Selain itu, semua lini harus bekerja sama dan berhubungan dengan Bidang Development dan Kompetisi di Asosiasi Futsal Provinsi Jawa Tengah.

Tujuannya semua bisa menyaksikan dan membantu pemain futsal di Jateng muncul. Pihaknya akan membenahi futsal di tingkat provinsi melalui kabupaten atau kota.

“Saya masih mencari para pemain futsal yang belum tersentuh, dengan turnamen ini, kata dia, peluangnya lebih lebar untuk memunculkan pemain futsal baru dan itu semakin terlihat di Jateng. Lalu diseleksi ke Nasional menuju ke Asean Games, SEA Games, dan internasional. Dan Jateng ini bisa dikenal melalui futsalnya,” katanya. (fgr/bas)

Baca juga:  Tim Futsal Putri Temanggung Sabet Juara 3 Dulongmas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya