alexametrics

Kebakaran di Hotel Tentrem, Polisi Segera Lakukan Olah TKP Kedua

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pengunjung dan tamu Hotel Tentrem, Jalan Gajahmada, Semarang Tengah panik dan berhamburan keluar akibat kebakaran di kamar 1109 lantai 11, Sabtu (18/6) sekitar pukul 19.30. Diduga, kebakaran tersebut akibat korsleting listrik dari panel di kamar 1109.

Meski demikian, Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Indra Romantika belum bersedia menyebutkan, munculnya api yang diduga dari korsleting listrik. “Dugaan awal saya tidak berani ngomong, penyebabnya apa? Itu nanti melawan fakta. Kami belum bisa menyimpulkan karena belum ada olah TKP dari Labfor,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Minggu (19/6) kemarin.

Pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kejadian. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan olah TKP gabungan bersama Polrestabes Semarang di kamar 1109 lantai 11, titik awal munculnya api.

Baca juga:  Kongres Perempuan Lahirkan Tujuh Maklumat

Pihaknya menunggu pemeriksaan secara ilmiah untuk mengetahui penyebab kebakaran tesebut. “Kalau koordinasi dengan hotel sudah. Cuma untuk olah TKP kedua dengan Labfor belum. Masih menunggu hasil besok dari Polrestabes Semarang,” bebernya.

Informasi yang diperoleh, diketahuinya terjadi kebakaran setelah salah satu security hotel, Denantyo Widiasroko, 31, warga Manyaran, Ssemarang Barat, mendapat informasi dari group whatsapp kerja security Hotel Tentrem terkait adanya asap di lantai 11.

Selanjutnya, security ini menyampaikan kepada pihak Duty Manager hotel, Dewa Hendara, 35, dan bersama-sama melakukan pengecekan. Ternyata benar. Seketika itu, pihak hotel langsung mengevakuasi tamu hotel lainnya ke tempat aman. Selanjutnya, kejadian ini dilaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang.

Baca juga:  Pasar Jadi Tempat Tinggal, Cukup Bayar Rp 150 Ribu per Bulan

“Saksi yang diperiksa dari pihak managemen hotel dan pihak security yang pertama kali mendatangi terjadi awalnya kebakaran. Waktu kejadian itu ada penghuninya, cuma lagi keluar. Api di dalam (kamar),” bebernya.

Anggapan adanya penolakan dari pihak hotel, Indra membantah. Menurutnya, hal itu berkaitan dengan privasi tamu dan harus menghormati peraturan pihak hotel.

“Jadi sekali lagi tidak ada penolakan dan masih dikoordinasikan terkait banyaknya anggota yang naik ke atas untuk yang melaksanakan olah TKP. Jadi dari pihak manajemen akan berkonfirmasi ke kami, hanya beberapa orang atau masuk semuanya. Kami masih menunggu izin,” imbuhnya.

Sementara, Komandan Tim 2 Dinas Damkar Kota Semarang Kusdiyanto menerjunkan tiga unit mobil armada untuk memadamkan api. Namun seluruh mobil damkar tidak digunakan karena letak kebakaran tidak dapat dijangkau. “Kami memadamkan dengan melakukan pendinginan menggunakan hydrant hotel,” katanya.

Baca juga:  Waspadai Titik Rawan Kecelakaan di Sepanjang Jalan Tol Jateng

Dugaan sementara korsleting listrik, api hanya di panel saja. Asapnya memang sangat tebal, sehingga menimbulkan kepanikan pada penghuni kamar lain. Tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30.

Selain itu, Kusdiyanto menambahkan, untuk melakukan pemadaman dan pendinginan pemadam kebakaran terbantu dengan adanya dua sprinkler yang sudah terpasang di plafon kamar. “Terpaksa kami pecahkan kaca untuk mengeluarkan asap yang sangat pekat,” pungkasnya. (mha/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya