alexametrics

Ratusan Siswa Sebar Benih Ikan di Selokan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Ratusan siswa SMP hingga SMA Sultan Agung Semarang berjejer rapi dan berhadap-hadapan di Jalan Raya Kaligawe Kamis (16/6). Mereka mengguyur air yang berisikan ikan ke selokan depan sekolah dengan penuh suka cita. Sebanyak 3.500 ikan nila disebar.

Terlihat selokan sepanjang 150 meter sudah diberi pembatas agar ikan tidak kabur. Setelah itu, para siswa memberi makan ikan-ikan tersebut. Salah satu siswa kelas 8, Maulidin Riziq, 14, merasa senang karena baru kali ini menebar ikan di selokan. Sebelumnya ia pernah melihat orang menebar ikan di tambak. “Harapannya, selokannya menjadi bersih,” kata warga Genuk.

Kepala SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang Moh Sodikin menjelaskan, awalnya selokan di depan sekolah sangat kumuh dan tidak tertata. Ada sampah, enceng gondok, dan tanaman liar lainnya. “Kemarin kita bersama-sama membersihkan selokan ini untuk menjadi habitat ikan,” katanya didampingi oleh Kepala SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang Tarno.

Baca juga:  Penasaran Aloon-Aloon Semarang yang Baru, Sayangnya Banyak Sampah

Pihaknya memilih ikan nila karena ikan tersebut sangat mudah beradaptasi. Sebelumnya, sudah diadakan budidaya ikan lele dan ikan terapi di sekitar halaman sekolah. “Ini termasuk kepedulian lingkungan dan pemanfaatan lahan,” katanya.

Diakuinya, 3.000 benih ikan nila diperoleh dari Dinas Perikanan dan 500 dari Balai Besar Jalan Nasional Jateng-DIY. “Ini merupakan kreatif dari pihak sekolah. Ini harus menjadi kebiasaan dalam memanfaatkan lahan yang kurang terawat. Tentunya pemerintah akan membantu,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang Rahmulyo Adi Wibowo.

Staff Balai Besar Jalan Nasional Jateng-DIY Tugiman sangat mengapresiasi kegiatan menabur benih ikan di selokan Jalan Nasional Jateng-DIY. “Kami merasa senang, di depan sekolah ada selokan yang sudah dibersihkan dan ini sudah jernih,” ujarnya. (fgr/ida)

Baca juga:  Anggota Dewan Dag-Dig-Dug Menanti Hasil Swab Test

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya