alexametrics

Menangis Haru Keluarga Lepas Jamaah Calon Haji

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Sebanyak 335 jamaah calon haji kloter 16 Kota Semarang, Selasa (14/6) pukul 05.00 pagi kemarin, diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Mereka terbagi dalam sembilan bus, dan diberangkatkan dari halaman Gedung Islamic Center Semarang. Ribuan warga tampak melepas keberangkatan para tamu Allah ini. Tak sedikit yang menangis haru saat harus berpisah dengan keluarganya.

“Hati-hati nggih, Bu. Semoga selalu diberikan kelancaran, kesehatan, dan menjadi haji yang mabrur,” ucap Siti, saat melepas kedua orang tuanya.

Salah satu jamaah calon haji Sri Puah mengaku senang bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Menurutnya, bisa beribadah haji tahun ini merupakan rahmat dari Allah SWT yang sudah ditunggu lebih dari 11 tahun.

Baca juga:  Terhimpit Ekonomi, Mantan Dosen Curi Sampo dan Handbody

“Seharusnya saya berangkat tahun 2020, tetapi tertunda dua tahun karena pandemi,” katanya.

Ia telah mempersiapkan fisik, mental dan bekal agama. Sri Puah juga sudah menjalani vaksinasi booster maupun meningitis. “Mudah-mudahan nanti selamat sampai tujuan dari awal hingga akhir, dan menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Jamaah calon haji lainnya, Ahmad Rofiq, mengaku, sejak 2020, dirinya sudah siap berangkat. Bahkan saat itu, ia sudah melakukan vaksinasi meningitis. Namun, adanya pandemi, membuat impiannya ke Tanah Suci tertunda. “Tahun ini divaksin ulang lagi, tetapi hanya dosis separo saja,” katanya.

Pemberangkatan jamaah calon haji kemarin dilepas oleh Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin. Ia mengatakan, jika suhu udara di Tanah Suci saat ini sedang naik mencapai 40 derajat celcius. Karena itu, ia berpesan kepada jamaah calon haji agar selalu menjaga kesehatan. “Jangan sampai dehidrasi, apalagi suhunya berbeda di tanah air. Tim kesehatan juga sudah disiapkan, ikhtiar yang dilakukan banyak minum air dan vitamin,” pesannya.

Baca juga:  Pengelola Balkondes Ketir-Ketir Jika Tiket Candi Borobudur Naik, Terancam Sepi Pengunjung Lagi

Selain itu, ia juga titip agar para jamaah calon haji mendoakan Kota Semarang menjadi kota yang nyaman, tenang, dan damai. “Sehingga kita bisa membangun Kota Semarang menjadi kota yang sejahtera,” harapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Mukhlis Abdillah mengatakan, sebanyak 958 jamaah calon haji Kota Semarang terbagi menjadi tiga kloter. Yaitu, kloter 16 sebanyak 348 jamaah, kloter 17 sebanyak 356 jamaah, dan kloter 22 sebanyak 234 jamaah. Untuk kloter 16 dan 17 akan diberangkatkan pada Selasa (14/6) pagi dan sore.  “Sedangkan kloter 22 akan diberangkatkan pada 18 Juni 2022 mendatang,” katanya. (fgr/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya