alexametrics

Kolaborasi Dispertan dan Dinkop Bangun Pusat Layanan Usaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangEks gedung Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Semarang di Gayamsari, bakal direvitalisasi menjadi Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro (PLUTKUM).

Saat ini, Dispertan menempati kantor baru di daerah Banyumanik. Gedung lama seluas tiga ribu meter persegi itu akan dimanfaatkan oleh Dispertan dan Dinkop dan Usaha Mikro.

“Kita akan maksimalkan lahan yang ada dengan mengubah menjadi PLUTKUM untuk mendorong generasi muda punya kemampuan entrepreneur dan bisa membuka lapangan kerja,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin Senin (13/6).

Revitalisasi gedung akan menggunakan dana bantuan APBN sebesar Rp 5,5 miliar. “Harapan kami dua dinas ini mampu bersinergi di lahan yang sama. Dinas Pertanian hanya untuk klinik hewan dari penyuluh pertanian. Di sana, akan digunakan untuk pembangunan UMKM,” tuturnya.

Baca juga:  Fadia-Riswadi Dilantik, Ganjar: Harus Siap-Siap Dadi Babune Rakyat

Terpisah, Kepala Dinkop Usaha Mikro Kota Semarang, Agus Wuryanto menambahkan, detail engineering design (DED) telah disiapkan. Rencananya, bangunan milik Dispertan ini akan dibuat balai latihan dengan berbagai fasilitas penunjang untuk pengembangan UMKM.

“Nanti usulan dulu dari pemkot kepada Kementerian UMKM. Kemudian, diverifikasi. Kalau lolos, tahun depan bisa dibangun,” tambahnya.

Dari segi letak bangunan dan lahan, menturut Agus cukup straregis untuk pengembangan UMKM. Apalagi letaknya tak jauh dari wisata Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

“Dari segi aksesibilitas juga mudah karena ada jalur tol. Yang diminta kementerian kan yang aksesnya mudah, di pusat kota,” tambanya.

Kepala Dinas Pertanian Hernowo Budi Luhur akan membangun klinik hewan dan BPP di lahan tersebut.

Baca juga:  Solo Raya Masuk Zona Merah Radikalisme

“Harapan kami ke depan usaha ternak dan tani bisa terintegrasi secara terpadu dengan beberapa OPD dari hulu hingga hilir,” pungkasnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya