alexametrics

Covid-19 Menurun, Trans Semarang Normal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jumlah penumpang Trans Semarang kini mulai normal kembali. Sedikitnya 30 ribu penumpang per hari yang menggunakan moda transportasi tersebut. Ini seiring dengan turunnya kasus Covid-19 di Kota Semarang seiring dengan turunnya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada level I.

Kepala BLU UPTD Trans Semarang Hendrix Setiawan menjelaskan, okupansi penumpang dalam armada Trans Semarang saat ini sudah 100 persen. “Sebelumnya pada level 2 PPKM, jumlah penumpang hanya di angka rata-rata 15 hingga 20 ribu orang per harinya. Saat ini kapasitas sudah 100 persen, dalam sehari bisa 30 ribu penumpang,” katanya kemarin.

Sementara itu, penumpang yang menggunakan jasa transportasi masal ini tetap menerapkan prokes, yakni memakai masker. Aturan tersebut, masih akan terus diberlakukan menunggu keputusan atau arahan lebih lanjut dari pemerintah.

Baca juga:  Tuntut Pengesahan RUU TPKS dan RUU PPRT

“Penumpang sampai sementara ini masih tetap menggunakan masker saat di dalam bus. Terkait sampai kapan penggunaan masker ini kami masih menunggu sampai ada ketentuan lebih lanjut dari pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, pengamat transportasi dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) Alfa Narendra mengatakan, penumpang Trans Semarang mulai terlihat saat jam sibuk yakni pagi dan sore hari.

“Protokol kesehatan seperti menggunakan maseker tetap diberlakukan. Tapi aturannya, untuk tempat duduk penumpang boleh bersebelahan. Kalau dulu harus jaga jarak, karena penumpang masih dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas bus,” terangnya. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya