alexametrics

Sejalan dengan KSPN, Hendi Perjuangkan Hak Pekerja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Keberadaan Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) dianggap perlu untuk mendampingi pekerja yang tengah mengalami masa-masa sulit seperti saat ini. Menjadi ujung tombak dalam menyampaikan aspirasi kepada perusahaan maupun pemerintah.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi)di sela deklarasi KSPN Rabu (1/6) lalu. Menurutnya, kegiatan deklarasi ini juga untuk memperkuat berbagai organisasi serikat pekerja yang ada di Indonesia, Jawa Tengah maupun Kota Semarang.

“Dengan demikian, mereka bisa memperjuangkan hak-hak para pekerja. Di titik ini, peran teman-teman KSPN untuk saling berkomunikasi sangat penting ” ujar Hendi, Rabu (1/6).

Adanya KSPN, menurut Hendi, lebih baik sama-sama berunding agar ke depannya pekerja di Jawa Tengah bisa bersinergi menghasilkan produk yang luar biasa untuk Indonesia. Hendi menambahkan, karyawan harus mengerti situasi perusahaan, terutama pasca pandemic. Begitu pula perusahaan harus paham hak-hak karyawan.

Baca juga:  Hendi Ikut Sukseskan Pemecahan Rekor Muri SICITA dari Kota Semarang

“Masalahnya, ada perusahaan yang bertanggung jawab dan ada perusahaan yang tidak bertanggung jawab. Untuk yang tidak bertanggung jawab ini, pemerintah mesti turun tangan jangan sampai kita tutup mata melihat ketidakadilan yang terjadi yang harus didukung teman-teman KSPN dalam memperjuangkan hak-hak pekerja,” imbuhnya.

Hendi juga berpesan agar jangan sampai ada upaya memprovokasi antara kepentingan pekerja dengan pengusaha. “Provokasi dan keributan yang berlarut-larut akan menyebabkan ekonomi tidak berkembang dengan baik,” tutur Hendi.

Dirinya menegaskan, memang ada situasi sulit yang kadang para pengusaha harus mem-PHK atau kemudian mengurangi pekerja dan lainnya tapi pastikan para pekerja itu tertib. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya