alexametrics

Klien Pemasyarakatan Dibekali Skill Berwirausaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sejumlah Klien pemasyarakatan atau narapidana yang menjalani program Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Bersyarat (CB) maupun Cuti Menjelang Bebas (CMB) terus dipantau Balai Pemasyarakatan (Bapas). Bahkan mereka dibekali berbagai skill berwirausaha sesuai dengan bakatnya. Sehingga, begitu bebas mereka bisa mandiri secara ekonomi.

Kepala Bapas Semarang Lilis Yuaningsih mengatakan sebelum memberikan bimbingan, pihaknya melakukan penggalian minat dan bakat narapidana. Hal ini untuk mengembangkan potensi agar lebih terarah.

“Kami melakukan pengembangan potensi diri dengan memberikan pembimbingan kemandirian, seperti membuat pelatihan sablon, desain grafis, dan lain-lain,” katanya.

Sejumlah klien pemasyarakatan diberikan pembinaan pengelasan. Mereka mempelajari teori, dan praktekan langsung. Pembinaan diberikan pada klien pemasyarakatan kasus narkotika. Setelah menjalani proses rehabilitasi, mereka kemudian mengikuti program pasca rehabilitasi.

Baca juga:  Kongres Sampah Libatkan Lintas Kalangan

“Program ini agar klien bebas dari pengaruh narkoba dan bisa hidup normal lagi seperti sebelumnya,” tambahnya.

Praktisi psikologi Unika Indra Dwi Purnomo turut mendampingi program pascarehabilitasi. Ia menilai dengan program ini akan membuat klien pemasyarakatan bersih total dari pemakaian narkotika. Selain itu, dalam prosesnya diharapkan agar memiliki kepribadian yang lebih kuat, dan mengubah gaya hidup.

“Program pasca rehabilitasi untuk bekal mereka kembali ke masyarakat. Diberikan keterampilan agar bisa tidak ketergantungan dan bisa memiliki keterampilan untuk dikembangkan,” tambahnya. (ifa/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya