alexametrics

Jenjang SD Bisa Pilih Tiga Sekolah, SMP Empat Sekolah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Semarang akan dibuka Juni mendatang. Sistemnya masih seperti tahun lalu. Namun kali ini zonasinya sedikit dimodifikasi. Launching pembukaan sendiri akan dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang pada 30 Mei.

Kepala Disdik Kota Smearang, Gunawan Saptogiri menjelaskan menjelaskan, pendaftaran PPDB jenjang TK/SD mulai 20 – 22 Juni. Sementara untuk jenjang SMP pada 27 – 29 Juni. (selengkapnya lihat grafis). “Kita juga masih akan gunakan sistem zonasi,” jelasnya.

Namun tahun ini sistem zonasi dilakukan dengan modifikasi. Setiap siswa memiliki kesempatan memilih tiga sekolah zonasi untuk jenjang SD. Sementara jenjang SMP empat sekolah zonasi.

Baca juga:  Juara Tahun Lalu Daftar Kategori Baru

Siswa juga boleh mendaftar di luar zonasi, namun kesempatan diterima untuk di luar zonasi kecil. Setelah NIK calon siswa dimasukkan, nantinya akan muncul secara otomatis l nilai zonasi, nilai usia, nilai rapot, prestasi, dan data lainnya untuk mendukung PPBD.

“Kita lakukan modifikasi sistem zonasi ini, kalau daftar SD ada pilihan tiga sekolah, SMP empat sekolah. Caranya, tinggal masukan NIK dan tanggal lahir pada sistem yang kami siapkan,” jelasnya.

Jika sekolah yang diminati tidak diterima sesuai dengan zonasi, Gunawan meminta agar siswa maupun orang tua siswa tidak kecewa. Sebab, pemkot sudah memfasilitasi sejumlah sekolah swasta gratis.

“Jadi kalau tidak diterima di sekolah negeri, bisa ke sekolah swasta. Kita juga gandeng pihak swasta untuk menyelenggarakan sekolah gratis, jadi tidak ada alasan anak di Semarang putus sekolah akibat tidak masuk sekolah negeri,” tegasnya. (den/zal)

Baca juga:  Perekonomian Jateng Tumbuh 5,66 Persen

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya