alexametrics

Pembangunan Rutan Semarang Masuki Proses Lelang Tahap Kedua

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pembangunan Rumah Tahanan Negara Kelas I Semarang memasuki pembangunan tahap kedua. Saat ini sedang berlangsung proses perencanaan persiapan lelang.

Rutan Semarang ini dibangun di area seluas 28.977 meter persegi. Lokasinya berada di Jalan Dr Cipto, tepatnya di samping Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jateng atau bekas Rupbasan Semarang. Pada tahap I tersebut, telah usai dikerjakan pada 17 Desember 2021 dengan memakan anggaran Rp 25,6 miliar. Di lahan itu sudah berdiri bangunan yang terdiri atas blok hunian 3 lantai dengan luas bangunan 4.156,5 meter persegi.

“Kapasitas di blok ini ada 41 kamar dan bisa menampung sebanyak 510 orang,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin saat menyampaikan progres pembangunan kepada Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Razilu saat melakukan peninjauan ke titik pembangunan.

Baca juga:  6.915 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi, Sanggahan sampai 8 Agustus

Pembangunan Rutan Semarang ini, katanya, merupakan upaya mengurangi kelebihan kapasitas di Lapas Kedungpane Semarang. Karena sudah sesak, sebagian tahanan nantinya bakal dipindahkan ke Rutan ini.

Selama proses peninjauan, Razilu memuji hasil pembangunan yang terlihat kokoh dan nantinya akan memiliki fasilitas yang setara dengan lapas. “Saya lihat bangunannya kokoh, bagus,” kata dia.

Ia berharap pembangunan yang rencananya berlangsung hingga tahap ketiga pada tahun 2023 ini, dapat terus berjalan lancar. Siap dihuni pada tahun 2024.

Dalam tinjauan tersebut, hadir pula Inspektur Wilayah IV Budi; Kepala Divisi Administrasi Jusman; Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto; Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru Fajar, dan Kepala Lapas Kelas I Semarang Tri Sambudji. (ifa/ida)

Baca juga:  2020, Pasar Johar dan Alun-Alun Siap Digunakan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya