alexametrics

Dinding Eks Matahari Johar Dijebol untuk Ventilasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Shopping Center Johar (SCJ) atau eks Matahari Johar direnovasi sejak 28 April lalu untuk menampung pedagang Pasar Johar. Selain membuat sedikitnya 1.050 lapak, juga dibuat lubang ventilasi di sejumlah titik.

Koran Jawa Pos Radar Semarang didampingi petugas keamanan SCJ mengamati lantai tiga hingga lantai lima eks Matahari Johar. Di lantai tiga, sudah ada pengerjaan pemasangan sekat-sekat di sudut bangunan dan dibuat lubang ventilasi. Di lantai empat, sudah ada penataan sekat-sekat dan masih ada pembuatan ventilasi. Sedangkan di lantai lima, masih dilakukan perbaikan lantai keramik yang retak.

Petugas keamanan SCJ, Rizal, mengungkapkan, dulunya lantai tiga hingga lantai lima eks Matahari Johar tidak ada pedagang yang menempati, dan difungsikan sebagai gudang. Pada 2014, pria yang dulu menjadi costumer service ini mengatakan, hanya lantai dua yang terisi pedagang. Itu pun hanya separo. Beda dengan di lantai satu, yang hingga kini penuh pedagang. “Sejak tahun 1990-an, lantai tiga sampai lima itu sudah kosong,” ujarnya.

Baca juga:  Sah! PSIS Tunjuk Sergio Alexandre sebagai Pelatih

Saat Pasar Johar kebakaran, para pedagang banyak yang masuk ke eks Matahari Johar. Dulu, jumlah pedagang yang menempati lantai satu dan dua sekitar 200 pedagang. Namun sekarang berkurang, tinggal 50 persen,” katanya.

Ia menambahkan, lapak-lapak yang disiapkan dari lantai tiga hingga lima untuk pedagang Johar yang belum memiliki lapak, terutama pedagang Dasaran Terbuka (DT). “Sambil menunggu renovasi sampai jadi,” ujarnya.

Pengawas Proyek Renovasi Pasar Johar di eks Matahari Johar Yono menjelaskan, lantai tiga sampai lima dulunya seperti lapangan. Sekarang disekat untuk menampung pedagang yang belum memiliki tempat. Sekitar 1.050 lapak dengan ukuran 2×1 meter akan dibuat di eks Matahari Johar dengan target waktu tiga bulan mendatang. “Mulai kerja tanggal 28 April 2022 lalu,” katanya.

Baca juga:  Promo BTS Meal Sebabkan Kerumunan, Lima Gerai McD di Semarang Disegel

Saat ini, para pekerja membuat delapan lubang ventilasi di lantai tiga sampai lima. Ukuran sekitar 2 x 1,5 meter di sisi depan dan samping. Dinding bangunan dijebol, disulap menjadi jendela.

“Dulu gelap dan tidak ada ventilasinya. Ini tinggal kebersihan, keramik, dan penyekatan,” ujarnya. Ia berharap, fasilitas lift, kamar mandi, dan tangga darurat juga dibenahi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Nurkholis mengatakan, penataaan dan pembenahan pedagang tersebut akan dilakukan setelah pembangunan Shopping Center Johar (SCJ) atau eks Matahari Johar rampung. Mereka akan ditempatkan di SCJ lantai 3, 4 dan 5. Saat ini,  SCJ lantai 3, 4 dan 5, masih dalam perbaikan oleh Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang.

Baca juga:  Fungsi Resapan, Cadangan Air, hingga Objek Wisata

Sedangkan SCJ lantai 1 dan 2 saat ini masih dipihak ketigakan. Rencananya, akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Semarang pada pertengahan 2023. “Harapannya perbaikan yang saat ini masih dilakukan oleh Distaru bisa selesai Mei atau Juni. Paling tidak, kami bisa menata secara keseluruhan Juli,” terangnya. (fgr/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya