alexametrics

Hendi Ikut Sukseskan Pemecahan Rekor Muri SICITA dari Kota Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi turut mendukung pemecahan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) peserta senam terbanyak yang digagas oleh PDI Perjuangan pusat, Jumat (20/5). Dari halaman kantor DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Jalan Untung Suropati, pria yang akrab disapa Hendi itu, mengikuti kegiatan SICITA (Senam Indonesia Cinta Tanah Air). Hendi tampak antusias mengikuti setiap gerakan senam di tengah ratusan kader PDI Perjuangan lainnya.

Hendi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu pun senang bisa ikut menyukseskan agenda SICITA. Pasalnya, kegiatan tersebut sejalan dengan semangat Presiden Joko Widodo yang juga mengagas GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

“Melalui SICITA, Bu Mega berharap warga yang di Indonesia, khususnya yang ada di Kota Semarang ini bisa tambah sehat. Jadi, ini sejalan program Pak Presiden yaitu GERMAS, karena kita ingin kesehatan menjadi hal utama di republik ini,” tutur Hendi.

Dia pun menegaskan, dengan kesehatan masyarakat yang terjaga, maka berbagai hal positif dapat diupayakan, baik di Kota Semarang maupun Indonesia. Untuk itu, Hendi menekankan pentingnya kegiatan SICITA.

Baca juga:  MAJT Akan Bangun Pasar Induk di Lahan Relokasi Pasar Johar

“Orang sehat bisa melakukan apa saja, mau sekolah bisa, kerja bisa. Kegiatan PKK bisa. Kalau dia nggak sehat, dia nggak bisa apa – apa. Maka senam ini adalah bagian untuk membentuk diri kita menjadi sehat,” tandas Hendi.

Senam SICITA sendiri digelar oleh PDI Perjuangan dalam menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2022. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Senam yang melibatkan ratusan ribu kader dan simpatisan serta masyarakat ini pun tercatat dalam Muri sebagai senam terbanyak yang dilaksanakan secara serentak dengan metode hybrid di tanah air.

Untuk puncak kegiatan peringatan hari Kebangkitan Nasional dan Pemecahan Rekor MURI sendiri diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sejumlah fungsionaris PDI Perjuangan juga turut hadir, di antaranya Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP Wirjanti Sukamdani, Wakil Sekjen Sadarestuwati , dan Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen.

Baca juga:  Hari Ini, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Launching Kampung Hebat 2019 Bersama Jawa Pos Radar Semarang

Pemecahan rekor Muri ditandai dengan senam SICITA secara serentak di seluruh kabupaten, kota, dan provinsi pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB dan 09.00 WIB, dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan YouTube serta aplikasi media sosial lainnya.

SICITA adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDI Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta awal Januari 2022, dan telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Senam yang musiknya terdiri atas lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan ini juga telah divalidasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai sebuah senam dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham.

Menurut Kemenpora, senam SICITA telah memenuhi standar persyaratan senam. Memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Mudah dilakukan seluruh masyarakat tua, muda, dan anak-anak, serta memiliki musik yang dinamis, nasionalis dan unsur daerah.

Baca juga:  749.223 Bansos Telah Disalurkan di Kota Semarang

Selain upaya pemecahan Muri, Panitia HUT PDI Perjuangan juga menggelar kompetisi Gebyar SICITA yang mencakup tiga katagori, yakni katagori kader, umum dan katagori pelajar/mahasiswa. Dalam babak kualifikasi, ratusan tim dari 30 provinsi dan lebih dari 200 kabupaten/kota mengirimkan timnya untuk berkompetisi.

Setiap tim yang ikut dalam kompetisi ini mengirimkan video senam SICITA dengan ragam formasi kreatif dan penuh kearifan lokal. Tim juri yang terdiri atas para pesenam profesional dan akademisi telah selesai menilai seluruh tim dan memilih para finalis. Saat ini, para finalis telah mengirimkan video yang akan dipertandingkan di babak final.

Rencananya para juara kompetisi Gebyar SICITA 2022 ini akan diumumkan dalam Rakernas PDI Perjuangan yang diselenggarakan awal Juni 2022. Selain itu, DPP PDI Perjuangan telah menyiapkan sejumlah mobil senam yang dicipta khusus dengan sound system dan panggung untuk memudahkan kader mengajak masyarakat untuk menggelar senam SICITA. (BBS/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya