alexametrics

Sampah Berserakan di Bantaran Kali Banger

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Terdapat dua titik sampah di sepanjang Bantaran Kali Banger. Kendati ada papan imbuan larangan membuang sampah sembarangan.

Dalam pengamatan Jawa Pos Radar Semarang menemukan dua titik pembuangan sampah liar di Bantaran Kali Banger. Sampah jenis rumah tangga, seperti plastik, sisa makanan, kasur spring bed, kayu bekas, dan asbes menghiasi bantaran sungai tersebut.

Salah satu pedagang soto, Apriliani mengaku dirinya kerap mengundang orang untuk membuang sampah yang ada di belakang warungnya. Sebab, meskipun ada imbuan larangan membuang sampah di bantaran sungai, tetap banyak yang membuang sampah sembarangan. “Karena banyak warga yang mengetahui ada sampah di sekitar, mereka justru ikut-ikutan membuang sampah. Biasanya dibuang ya dua hari sekali,” katanya.

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Gajahmungkur Kampanyekan Belanja di Warung Tetangga

Salah satu warga Rejosari RT 1 RW 10, Mulyono, 70, mengakui sudah ada imbauan dari pemerintah. Namun, kesadaran lingkungan warga sangat kurang. “Bukan warga sini yang membuang sampah. Kadang orang lewat langsung membuang wer tidak tepat sasaran ke bak sampah, lalu meluber. Kalau warga sini sudah bagus, dikumpulkan lalu dibuang,” katanya.

Lurah Rejosari Ema Nurhayati menjelaskan, yang membuang sampah di bantaran sungai adalah orang-orang lewat yang tidak bertanggung jawab. Pihaknya sudah berupaya membersihkan Bantaran Kali Banger secara berkala bersama tim kebersihan kecamatan. Selain itu, terdapat kerja bakti yang dilakukan oleh lembaga.

“Kami mengimbau warga untuk saling menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Itu yang membuang sampah orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya. (fgr/ida)

Baca juga:  Cahaya Lampu Jalan Bisa Diatur Keterangannya dari Jauh

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya