alexametrics

Tiga Pensiunan ASN Pamerkan 45 Lukisan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Meski pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), tiga tokoh ini telah menggeluti dunia seni lukis. Adalah Harry Suryo, Gunarso, dan Heriwanto. Ketiganya memamerkan 45 lukisan.

Pameran lukisan dengan tema Ora Leren Everlasting ini dibuka perdana pada Minggu (15/5). Pameran ini digelar di Gedung Galeri Industri Kreatif Kota Lama Semarang selama dua pekan ke depan.

Heriwanto mengatakan, pameran kali ini dinamakan Ora Leren Everlasting. Ini berawal dari ketiganya yang memiliki latar belakang yang sama pensiunan kemudian disatukan.

Ora Leren itu kan berasal dari bahasa Jawa, artinya tidak beristirahat. Walaupun kami ini sudah pensiun dari pekerjaan utama. Tapi kami tetap tidak berhenti. Karena hidup akan terus berproses dan tidak akan berhenti hingga usia berada pada titik batasnya, yaitu kematian,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Baginya, filosofi tentang alam menjadi kiblat dalam berkarya. Segala macam pekerjaan seni rupa, mampu dikerjakannya, terutama pembuatan taman artifisial.

Baca juga:  Lumbung Kelurahan Ringankan Warga Terdampak Covid-19

Sementara itu, Harry Suryo telah aktif dalam kegiatan seni dari muda. Khususnya seni lukis cat air. Ia juga pernah menorehkan prestasi hingga keluar negeri. Menurutnya pemerintah harus terlibat dalam membangun kehidupan berkesenian di Kota Semarang.

“Membangun kehidupan berkesenian di Kota Semarang menjadi sebuah keindahan tersendiri, apabila benar-benar terjadi. Jadi tidak ada skeptistik terhadap unsur kepemerintahan yang dianggap buta seni,” katanya.

Seni baginya seperti hidup yang akan terus berproses, walaupun manusia itu mati sekalipun. Oleh karenanya, ia mengajak generasi muda untuk terus berproses mengembangkan seni. Khusunya di Kota Semarang.

Alila salah satu pengunjung, sengaja datang melihat pameran ini. Baginya seni merupakan suatu kegiatan yang harus diapresiasi. “Aku memang senang melukis. Jadi sengaja datang kesini untuk melihat hasil lukisan sembari belajar,” tegasnya.

Baca juga:  Pensaga 2021 Hadirkan Inovasi Baru

Pengunjung pun antusias. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang datang untuk melihat pameran. Semua pengunjung berbaris rapi dan memasuki lokasi pameran satu per satu. (cr4/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya