alexametrics

560 Ikan Lohan Meriahkan Kontes Gubernur Cup

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sebanyak 560 ekor ikan lohan memeriahkan kontes Gubernur Cup yang dilaksanakan Semarang Lohan Indonesia (SLI) di Plasa Simpang Lima mulai 12 sampai 15 Mei 2022. Ada 11 tim berpartisipasi dalam kontes ini.

Kontes tersebut bertujuan untuk memperlihatkan beragam jenis ikan hasil persilangan ikan lohan di seluruh Indonesia. ”Kalau ikan lohan aslinya dari luar negeri,” kata salah satu peserta, Wawan yang akrab disapa Semut asal Temanggung.

Ketua Pelaksana Kontes Gubernur Cup Edward Christian menjelaskan. kegiatan ini melibatkan pemerintah provinsi. Sedangkan sebelumnya digelar hanya tingkat regional dan liga lokal saja. “Jadi, nantinya akan lebih banyak instansi pemerintahan, agar pemerintah mendukung penghobi ikan lohan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Jumat (13/5).

Baca juga:  Sepi Penumpang, Weekend Okupansi KA 40 Persen

Dengan hobi memelihara ikan lohan, otomatis menghidupkan UMKM. Apalagi banyak peternak, penjual pakan ikan, akuarium, dan banyak industri lainnya.

Kontes ikan lohan berbeda dengan kontes ikan lainnya. Ikan lohan merupakan ornamentalis fish yang penilaiannya paling banyak dan kompleks. “Dari sisi warna, mutiara, kepala, body, fintil. Pecahannya banyak untuk perhitungan penjuriannya,” ujarnya.

Terdapat beberapa jenis ikan lohan, seperti cencu, cinwa, klasik, golden best, dan kelas bonsai. Dari masing-masing kelas, dipisah lagi berdasarkan ukuran. Hadiahnya 2,5 juta per ikan dan ada doorprize sepeda motor. Untuk administrasinya per ikan Rp 300 ribu. “Totalnya ada 18 kelas. Ini salah satu kontes lohan terbesar, ini 11 tim dan ini banyak,” katanya. (mg1/mg2/mg3/fgr)

Baca juga:  Pemkot Beralih ke Videotron 3 Dimensi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya