alexametrics

Lelang Jabatan 11 OPD Pemkot Semarang Tinggal Tunggu Rekomendasi Pusat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangProses lelang jabatan 11 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Semarang dalam waktu dekat bakal terisi dan akan dilantik. Saat ini, prosesnya tinggal menunggu rekomendasi dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang Abdul Haris menjelaskan, jika tugas panitia seleksi lelang jabatan sudah dilakukan untuk mengisi 11 jabatan OPD kosong, serangkaian tes dan pemaparan pun sudah dilakukan.

“Tes dan lainnya sudah kita jalankan, nah dari 44 peserta sudah kita setorkan nama tiga besar ke wali kota Semarang. Nantinya kita menunggu kabar dari pemerintah pusat, karena ada beberapa OPD yang butuh rekomendasi,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (12/5).

Baca juga:  Selain Kota Semarang, Tujuh Wilayah di Pantura Jateng juga Terendam Banjir Rob

Ia menjelaskan, terkait rekomendasi yang diberikan, masih menunggu kabar selanjutnya, karena masa aktif kerja pemerintahan baru dimulai Senin (9/5) lalu. Diperkirakan dalam waktu dekat atau pekan depan persetujuan atau rekomendasi akan turun.

“Misalnya, Dispendukcapil, kepala OPD-nya harus ada persetujuan dari pusat atau Kementerian Dalam Negeri dan Dirjen terkait. Tapi, dalam waktu dekat pasti akan turun,” ujarnya.

Haris mengatakan, jika semua jabatan terisi oleh 44 peserta yang melamar. Ia menyebut, dalam satu lowongan kepala OPD ada enam pelamar, dan paling sedikit tiga pelamar.

“Misalnya, Disdalduk KB ada enam pelamar, lalu Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Distaru ada lima pelamar. Disbudpar dan Dispendukcapil ada empat pelamar. Lowongan Sekwan ada tiga pelamar,”bebernya.

Baca juga:  Diduga Terpeleset, Pemancing Tewas di Sungai

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan, jika proses lelang jabatan sudah hampir rampung dan tinggal menunggu rekomendasi dari pusat. “Ada OPD yang harus ada rekomendasi dari pusat. Kalau itu sudah turun segera kita lakukan pelantikan,” katanya.

Kepala OPD yang terpilih diharapkan punya inovasi dan etos kerja yang tinggi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. “Kita tunggu saja setelah turun. Nanti yang dilantik harus menguasai masalah, punya etos kerja tinggi, berintegritas, punya kemampuan untuk membuat terobosan program,” terangnya.

Dari data yang ada, 11 jabatan yang dilelang adalah Sekretaris Dewan (Sekwan), kepala Dinas Penataan Ruang, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan kepala Dinas Sosial.

Baca juga:  Kerahkan 7.300 Personel Gabungan, Semprot 1.200 Titik

Selain itu, Staf Ahli Wali Kota bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Staf Ahli Wali Kota bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya