alexametrics

Mudahkan Layanan Adminduk Penyandang Disabilitas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang permudah penerbitan dokumen kependudukan kepada penyandang disabilitas. Pendataan tersebut bermaksud agar para disabilitas mendapatkan hak-hak dan pelayanan yang lebih baik.

Beberapa dokumen kependudukan di antaranya Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), hingga akta kelahiran. Rencananya akan dilakukan secara serentak se-Jawa Tengah pada 17 Mei besok.

“Sasarannya adalah Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang dulu. Ada sekitar 560 orang,” kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Semarang Agustanto Iskandar kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin (10/5).

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak SLB. Berbagai persiapan sudah dilakukan. Mulai dari sarana prasarana hingga teknis pelaksanaan. Di samping pendataan baru, layanan pembaruan (update) data juga dilakukan. “Yang belum punya KIA dan KTP-El kami terbitkan. Nanti penyerahannya pada 19 Mei,” ucapnya.

Baca juga:  Perawatan Kampung Miroto Paru-Parune Kutho Kurang Optimal

Usai pelayanan di SLB Negeri, ke depan pihaknya akan merambah ke panti disabilitas swasta. Selain itu juga menggunakan sistem jemput bola. Yakni memberikan pelayanan perekaman bagi yang terkendala akses menuju kantor. “Misalnya yang sakit dan cacat, kadang ingin mendapatkan layanan BPJS tetapi belum punya KTP-El,” ujarnya.

Ia juga meminta peran aktif semua pihak, terutama orang tua, sekolah, dan panti disabilitas untuk melaporkan kelengkapan administrasi kependudukan penyandang disabilitas. Sebab, dengan pendataan itu semua hak dan pelayanan sebagai warga negara dapat terpenuhi. Ia juga menyadari masih banyak penyandang disabilitas di Kota Semarang yang belum terdata. “Jadi kalau Pak Wali Kota meminta data disabilitas itu jelas dan merata. Harapannya bisa terdata semua tanpa terkecuali,” pungkasnya. (cr3/ida)

Baca juga:  Beli Minyak Goreng Harus Tunjukan KTP

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya