alexametrics

Benahi Kantor Kelurahan, Perbaiki Layanan Publik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pembenahan kantor kelurahan terus dilakukan Pemerintah Kota Semarang. Ini dilakukan demi memberikan pelayanan yang nyaman bagi masyarakat.

Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik memiliki kantor baru dengan tiga lantai. Gedung ini tak hanya difungsikan untuk pelayanan administrasi kelurahan. LPMK, BKM, PKK, FKK, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Trantib juga menempati bangunan ini.

Lurah Srondol Kulon Indah Tri Prasasti menjelaskan, dulunya kantor Kelurahan Srondol Kulon masih seperti bangunan rumah biasa. Bagian depan seperti rumah, belakangnya balai kelurahan. Rumah dinas lurah di samping dan ada tugu PKK di sebelah belakang. “Dulu parkirnya di pinggir jalan dan memakan jalan. Sekarang luas dan sekarang rumah dinas sudah tidak ada, kan ini dirombak total untuk kantor,” ujarnya.

Baca juga:  Keren! Semarang Night Carnival Tetap Meriah Meski Digelar Terbatas

Pada 2007, saat ia menjabat sebagai kasi Pembangunan, atap gedung dari tanah liat dan keropos. Bahkan tukang tak berani membenahi bagian atap. Melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) usulan renovasi kantor kelurahan diajukan. Pada 2018, Dinas Penataan Ruang (Distaru) mulai merencanakan renovasi hingga direalisasikan pada 2021.

Gedung tiga lantai ini memiliki luas bangunan 644,6 meter persegi. Lantai 1 digunakan untuk pelayanan publik dan selasar. Kemudian lantai 2 untuk ruang kerja lurah dan secretariat sejumlah lembaga di Srondol Kulon. Sedangkan lantai tiga digunakan untuk aula. “Aulanya bisa menampung 200 orang, bahkan masih sisa. Dan di setiap lantai ada dua kamar mandi,” ujar Indah.

Selain itu, kantor kelurahan ini memiliki halaman depan seluas 410,91 meter persegi dan halaman belakang seluas 351,56 meter persegi. “Depan (dan) belakang bisa buat parkir,” katanya

Baca juga:  Dua Hakim Doktor Bagi Ilmu dalam PKA Ikadin-Unwahas.

Keberadaan kantor baru ini membuat kegiatan masyarakat berjalan dengan baik. Seperti senam lansia dan aerobik yang berlangsung setiap Minggu. Kegiatan lain yang digelar antara lain bazar Ramadan dan vaksinasi.

Selain itu, setiap sore, halaman kelurahan difungsikan sebagai area bermain anak. “Peresmiannya pusatnya di sini, pak Wali tanda tangannya prasastinya di sini,” katanya.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Srondol Kulon Resqi Fadlullah mengaku sangat senang karena pihaknya sudah mempunyai ruangan sendiri. Organisasi pemuda ini dapat disejajarkan dengan kelembagaan lain di tingkat kelurahan. “Kami setiap bulannya ada rapat rutin, selain itu karang taruna mempunyai kegiatan pemberdayaan masyarakat.”

Salah satu warga RT 3 RW 8 Kelurahan Srondol Kulon Iwan menjelaskan pelayanan kelurahan sangat bagus, dan cepat. “Di sini luas mas, tapi belum ada lift nya untuk naik. Semoga besok ada liftnya karena kan juga tinggi,” katanya ketika ditemui saat mengurus PBB.

Baca juga:  Tolak Balak, Bakar Replika Kapal dan Orang-Orangan

Pada 2022 ini, renovasi kantor kelurahan terus dilanjutkan secara bertahap. Di antaranya kantor Kelurahan Kembang Arum, Karang Tempel, Muktiharjo Kidul, Genuksari, Mugassari, Proyek-proyek ini sudah masuk pada tahap lelang pekerjaan. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya