alexametrics

Pasar Manyaran Semarang Terbakar, Api Diduga Berasal dari Kios Penjual Barang Bekas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang -Kebakaran hebat terjadi di Pasar Manyaran Semarang, Senin (9/5) sekitar pukul 19.30. Sumber api diduga berasal dari api lilin di salah satu kios barang bekas atau rongsokan yang sedang ditinggal oleh penghuninya.

Siti, 42, salah satu pedagang menjadi saksi mata pertama yang melihat kobaran api. Sebab, bersebelahan dengan kios yang pertama terbakar. Kala itu, ia tengah istirahat bersama anaknya.

“Saya mencium bau sangit dan dinding terasa panas,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang saat ditemui di lokasi.

Ia lantas keluar, dan mendapati si jago merah melahap kios sebelahnya. Kemudian berteriak dan meminta pertolongan kepada beberapa sales yang tengah duduk tak jauh dari lokasi. “Saya panggil orang disekitar untuk membantu memadamkan api,” tutur ibu berkaos merah itu.

Baca juga:  Perumnas Sediakan Rumah Dosen Unnes

Beruntung ia dan anaknya bisa menyelamatkan diri. Meskipun tak sempat mengamankan barang berharga.

Api semakin membesar dan membakar kios ke arah barat. Selain tiupan angin, kondisi bangunan yang tua mempercepat terbakarnya sejumlah kios. “Punya saya itu yang terakhir terbakar dan dua kios sebelah timurnya,” jelasnya.

Beberapa warga dan Pri, kakak Siti berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun usahanya sia-sia. Hingga Pemadam Kebakaran (Damkar) datang dengan 8 unit mobil beserta 50 personel dikerahkan. Sekitar 45 menit api baru saja bisa dipadamkan.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang di lokasi, tidak ada korban jiwa. Ada sekitar 24 kios hangus terbakar. Satu unit mobil dan motor yang diparkirkan berjarak 3 meter di depan pasar rusak akibat panas kobaran api. Kerugian dari masing-masing kios ditaksir belasan juta.

Baca juga:  Banyak Truk Tak Gubris Aturan Tonase

Menurut Kapolsek Semarang Barat Kompol Dicky Hermawan total kerugian bisa mencapai sekitar Rp 400-500 juta. Dirinya mendapat laporan sekitar pukul 19.30. Api baru bisa padam sekitar pukul 20.30 WIB. “Sumber kebakaran dari kios yang tidak ada aliran listrik namun menyalakan obat nyamuk dan lilin untuk penerangan,” pungkasnya. (cr3/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya