alexametrics

Dipenuhi Sampah, 15 Karung Ikan di Polder Tawang Mati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemandangan tak sedap mencemari kawasan wisata Kota Lama. Sampah menumpuk di saluran Polder Tawang. Bau busuk pun menyengat. Bahkan banyak ikan yang mati akibat limbah sampah yang memenuhi permukaan polder.

Pantauan di lapangan ikan yang mati tersebut telah dumasukkan dalam karung. Ada 10 sampai 15 karung. Kondisi tersebut dikeluhkan sejumlah wisatawan.

Salah satu pengunjung, Desanti mengaku heran dengan pemandangan kumuh di Kota Lama. Padahal, kawasan wisata itu sudah tertata bersih dan rapi. “Saya kaget mas, ini sampahnya dari mana. Sangat disayangkan sekali, Kota Lama yang sudah tertata rapi bersih, ada pencemaran seperti ini. Harusnya segera dibersihkan dan masyarakat harus sadar lingkungan juga,” ujar pelancong asal Karangjati itu.

Baca juga:  BPR Arto Moro Sediakan Rp 3 Miliar Uang Baru

Pedagang makanan di dekat Stasiun Tawang, Suparmi, 60, mengatakan, biasanya ada petugas pengangkut sampah. Namun beberapa hari tidak ada yang membersihkan. “Dulu saya ketika jadi tukang sapu, tidak ada hari libur. Kalau yang ngambil sampah-sampah dua hari sampai tiga hari sekali. Kemarin Sabtu pun diambil, ini belum diambil,” tuturnya.

Anak Suparmi, Majono, 40, menjelaskan sebetulnya sudah baik kinerja pemkot, kata dia, tapi masyarakat juga harus sadar lingkungan juga karena tidak hanya titik sini saja yang dibersihkan.

Pengunjung lain, Zakia juga mengeluhkan hal yang sama. Selain di Kota Lama, dia bersama lima temannya jalan-jalan di kawasan Simpang Lima. Di sana dia melihat banyak sampah menumpuk di salah satu ikon Kota Semarang itu.

Baca juga:  Sembahyang Purnama, Doakan Awak KRI Nanggala 402

“Hari ini banyak sampah menumpuk di dekat tulisan Simpang Lima. Dan ada tiga tempat sampah yang sudah menumpuk, segera dibersihkan lah,” kata wisatawan asal Makassar itu. (fgr/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya