alexametrics

Terminal Mangkang, Tirtonadi dan Bulupitu jadi Percontohan Pasca Revitalisasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi pengelolaan Terminal Mangkang di Semarang, Terminal Tirtonadi di Solo, dan Terminal Bulupitu di Purwokerto pasca revitalisasi. Ketiganya dinilai layak menjadi percontohan bagi terminal luar daerah maupun luar Jawa.

Berkat kerjasama solid dengan Pemerintah Provinsi Jateng dan pemerintah kabupaten atau kota setempat, pihaknya berhasil mengembangkan fungsi terminal. Dari yang semula identik dengan pusat transportasi umum, menjadi ruang kreatif yang bernilai bisnis dan meningkatkan kegiatan perekonomian.

“Di Terminal Tirtonadi Solo dibuatkan creative hub untuk bisa jadi pusat kegiatan masyarakat,” ujar Budi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia juga meminta konsistensi pengelola dan pemkot atau pemkab dalam mengembangkan fungsi terminal tersebut. Saat ini Terminal Mangkang telah difungsikan pemkot Semarang untuk Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Baca juga:  Warga Kelurahan Mugassari Sulap Selokan Kumuh Jadi Kolam Ikan

“Lantai 2 Terminal mangkang seluas 3.900 m2 sudah kami operasikan untuk mal pelayanan public oleh salah satu OPD kami,” tandas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Setelah revitalisasi, ketiga terminal tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat. Untuk upaya optimalisasi Hendi mengeluarkan Surat Edaran (SE) dan berhasil menutup agen bus liar di Kota Semarang. Sehingga pemesanan tiket dan pengangkutan penumpang terpusat di terminal saja.

SE yang diimbangi dengan operasi penertiban agen bus membuahkan hasil. Kini sebanyak 350 bus masuk ke Terminal Mangkang dan 1.500 penumpang diangkut setiap hari.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi berharap agar forkopimda Jateng dan Kota Semarang terus mendukung program pengembangan terminal pasca revitalisasi. Dengan begitu infrastruktur bukan sebagai bangunan fisik saja. Namun terintegrasi dengan sektor lainnya dan membantu masyarakat.

Baca juga:  Operasi Zebra Tanpa Sanksi, Hanya Teguran

“Terminal Mangkang ini jadi percontohan infrastruktur terminal dan akan menjadi awal kebangkitan bus sebagai moda transportasi utama,” pungkasnya.

Lebih lanjut, revitalisasi terminal Bulupitu di Purwokerto akan memakan anggaran sebanyak Rp20 miliar. Sedangkan Terminal Tirtonadi di Solo menghabiskan Rp40 miliar. (taf/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya