alexametrics

Lebaran, Penitipan Hewan Overload

Ada Pemilik yang Minta Video Call

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sepanjang liburan Lebaran 2022, banyak pet hotel dibanjiri titipan hewan peliharaan. Petshop Indonesia bahkan mengalami overload karena menerima 40 kucing dan 13 anjing peliharaan sejak 1 Mei lalu.

Padahal biasanya tempat penitipan atau pet hotel itu hanya menerima belasan hewan saja. Kapasitas maksimumnya pun di angka 28 kamar hewan. Sebanyak 10 kamar terletak di lantai 1 dan sisanya berada di lantai 2 toko.

“Membeludak banget ini, di luar ekspektasi kami,” kata Ricard Chaka, pegawai groomer yang mengurus hewan titipan kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Chaka bersama satu partner-nya mengurus puluhan hewan titipan selama satu minggu terakhir. Ia mengaku kewalahan karena tak pernah merawat hewan sebanyak itu sebelumnya.

Baca juga:  Maret, 2.723 Non ASN di Semarang Bakal Diputus Kontrak

Terlebih, tak semua hewan peliharaan dapat langsung beradaptasi di tempat baru. Terkadang ada yang mengucilkan diri dan minta dimanjakan olehnya. Setiap hari Chaka harus memberi makan dan membersihkan semua kandang yang dihuni. Pekerjaan tersebut membutuhkan ketelatenan dan kasih sayang.

“Ada juga beberapa customer kami yang minta video call setiap hari dengan kucingnya,” imbuh Chaka.

Ia menilai pemilik sangat menyayangi hewan peliharaan, layaknya anak sendiri. Rata-rata pelanggan menitipkan peliharaannya sekitar 3-4 hari. Namun ada yang sampai 10 hari karena urusan di luar kota. Menurutnya, dengan menitipkan di pet hotel, pemilik dapat mudik dengan tenang meski meninggalkan hewannya.

Penitipan pet hotel sendiri dibagi menjadi tiga kelas. Pertama penitipan dengan membawa kandang sendiri dari rumah. Lalu dengan kandang standar yang disediakan toko. Terakhir suite room, kandang custom yang lebih lebar sehingga hewan leluasa bermain di dalamnya. “Hari ini sudah berkurang karena sudah mulai diambil pemiliknya. Hanya tinggal 18 ekor saja,” katanya.

Baca juga:  Pasca Bom Bunuh Diri di Medan, Polrestabes Tingkatkan Kewaspadaan

Sejak pukul 08.00 sampai pukul 21.00, Chaka merawat titipan hewan peliharaan. Biaya penitipan dibanderol mulai Rp 40.000 hingga Rp 70.000 per hari. (taf/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya