alexametrics

Sabtu, Menhub akan Resmikan MPP di Terminal Mangkang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Mal Pelayanan Publik (MPP) di Terminal Tipe A Mangkang, Semarang bakal diresmikan dalam waktu dekat. Menurut informasi yang dihimpun, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan meresmikan pada Sabtu (7/5) lusa.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, jika pembangunan MPP sudah dianggarkan Pemkot Semarang pada 2022 ini. Menurut informasi yang ia terima, pada 7 Mei lusa akan diresmikan oleh Menhub.

“Informasinya, kemungkinan akan diresmikan Pak Menhub 7 Mei ini. Tadi kita lihat kurang pembersihan saja, dan pembangunan sudah selesai dilakukan di tahun anggaran 2022 ini,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Hendi –sapaan akrab wali kota–menjelaskan, jika sudah diresmikan, pelayanan satu atap di Kota Semarang diharapkan bisa tersentral di Terminal Mangkang. Misalnya, Dinas Kesehatan, Dispenduk Capil, Kantor Imigrasi, hingga Kementerian Agama.

Baca juga:  Mulai Terapkan One Way Arus Balik

“Intinya semua yang berbau pelayanan bisa masuk, jadi masyarakat bisa datang dan tidak perlu bolak-balik ke instansi lainnya,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang Widoyono menjelaskan, pemkot akan menambah anggaran untuk melengkapi infastruktur MPP.

“Total anggaran yang dipersiapkan sekitar Rp 2 miliar. Nanti akan digunakan untuk pengadaan lift, ekskalator, dan finsihing lainnya. Apalagi letak MPP nanti akan ada di lantai 2,” jelasnya.

Saat ini, pemkot juga akan menggarap software, hardware, serta peralatan komunikasi, seperti telepon. Kemudian perangkat pelayanan dan SDM yang akan terlibat dalam pelayanan MPP ke depan. Total, kata dia, akan ada 16 perwakilan OPD yang membuka pelayanan di tempat tersebut.

Baca juga:  PNS Tak Boleh Terima dan Kirim Parsel

“Nanti ada 30 jenis pelayanan yang ada di sini (MPP). Sebanyak 16 dari Pemkot Semarang dan 14 dari Polrestabes, Samsat, Kantor Pertanahan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Perbankan, dan lainnya,” paparnya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang ini menjelaskan, pengadaan software sudah dilakukan, di antaranya perangkat elektronik berupa komputer, videotron di luar dan di dalam ruangan, serta jaringan internet.

“Total anggarannya sekitar Rp 7 miliar. Nanti setiap tenant yang ada akan dipasangi komputer, jaringan internet, printer, dan lainnya. Juga ada videotron yang akan dipasang di dalam dan di luar gedung” jelasnya. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya