alexametrics

Tak Ada Pasar Tumpah, Jalur Pantura Mangkang Lancar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jalur Pantura Semarang – Kendal pada H-1 Lebaran ini ramai lancar. Potensi kemacetan yang terjadi di Jalan Urip Sumoharjo, Semarang atau tepatnya di Depan Pasar Mangkang pun tidak terjadi pada Minggu (1/5/2022) ini.

Seperti diketahui kepadatan di jalur tol diberlakukan kebijakan satu arah agar tidak terjadi kemacetan. Pemudik mobil pun banyak yang memilih melewati jalan Pantura, salah satu potensi kemacetan di Kota Semarang adalah adanya pasar tumpah di Depan Pasar Mangkang.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang, tidak ada pedagang musiman jelang Ramadan yang menggelar dagangannya sampai ke pinggir jalan seperti sebelum pandemi Covid-19 dua tahun lalu. Biasanya pedagang meluber sampai ke depan dan sebrang pasar hingga akhirnya menyebabkan kemacetan sejak pagi sampai siang hari.

Baca juga:  Angin Kencang Tumbangkan 17 Pohon di Semarang

“Kemarin sempat ada yang menggelar dagangannya di depan pasar, mungkin ditertibkan karena bisa menyebabkan kemacetan dan semrawutnya pasar,” kata seorang juru parkir.

Pedagang musiman seperti kulit ketupat, kulit lontong dan janur kelapa tertata rapi didepan pasar, mereka tidak sampai menggelar dagangan dipinggir jalan. Selain itu juga ada pedagang ayam hidup yang mangkal rapi di depan pasar Mangkang, dengan pembatas antara jalan dan pasar agar pedagang bisa tertib.

“Ya memang nggak kayak sebelum Pandemi, tahun lalu biasanya sampai meluber. Saya lihat jumlah pedagangnya juga lebih sedikit, mungkin karena ditata oleh petugas pasar,” jelas Yuni warga yang tinggal tak jauh dari Pasar Mangkang.

Baca juga:  Halo Matahari Terlihat di Jateng

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P. Martanto mengaku telah menyiapkan jalur alternatif mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran 2022 yakni jalur Kendal – Ungaran melalui Gunungpati.

Selain jalur alternatif, mantan Kepala Satpol PP Kota Semarang ini juga meminimalisir potensi kemacetan yang bisa saja terjadi selama mudik Lebaran 2022, diantaranya di pusat-pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, dan pasar tumpah.

“Misalnya, kawasan Pandanaran dan Simpanglima. Kemudian, atensi prioritas kami di Pasar Mangkang karena berada di Jalan pantura yang menjadi jalur mudik,” tambahnya. (den/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya