alexametrics

Libur Lebaran, Perketat Keamanan Kawasan Kota Lama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jelang libur Lebaran, Satuan Keamanan Kota Lama Semarang terus memperketat pengawasan dan keamanan. Langkah tersebut sebagai upaya mengantisipasi lonjakan pengunjung sekaligus upaya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Selain itu karena merupakan bangunan cagar budaya, maka aset Kota Lama harus terus dijaga. Security Kota lama Semarang Agung Teguh Nugroho mengaku sudah berkoordinasi dengan beberapa instansi. Mulai polsek, koramil dishub, kecamatan dan kelurahan. “Ini untuk melakukan pengamanan dan pengawasan selama libur Lebaran,” katanya.

Ia menambahkan, keamanan dan pengawasan meliputi pengunjung, keamanan aset kota lama, dan berbagai fasilitas Kota Lama. Termasuk memberi kenyamanan bagi warga Semarang dan pemudik yang sedang berlibur lebaran ke Kota Lama. “Jadi pengunjung yang datang bisa menikmati wisata sejarah di Semarang,” ujarnya.

Baca juga:  Tak Kunjung Gelar Musda, KNPI Jateng Dinilai Langgar Mekanisme

Kota Lama merupakan jalur wisata terbuka. Pengunjung bisa bebas mengeksplor dari berbagai lini tanpa terkecuali. Sehingga membutuhkan pengawasan dan keamanan ekstra ketika nanti libur Lebaran. “Keamanan aset juga penting, karena merupakan cagar budaya dan semua bangunan terbuka,” tambahnya.

Sterilisasi pengunjung bakal dilakukan setiap pukul 22.00. selain itu, petugas terus melakukan patroli keliling ke ruas-ruas jalan sepi dan kantong-kantong parkir. Langkah itu untuk memastikan keamanan pengunjung terjamin saat berpariwisata ke Kota Lama. Contohnya jalan dari ujung jembatan mberok sampai kesayangan (jalan Letjen Suprapto). “Kita lakukan pemantauan 24 jam menggunakan personel keamanan dan cctv yang terdapat di beberapa titik,” ujarnya

Hampir setiap hari, kawasan Kota Lama ramai. Libur Lebaran kemungkinan besar pengunjung akan semakin ramai untuk menikmati wisata sejarah tersebut. Biasanya titik rawan kerumunan terdapat di Taman Srigunting. “Masyarakat yang datang harus tetap taat prokes dan menjaga keamanan dan jangan merusak kawasan Kota Lama,” tambahnya.

Baca juga:  Wow, 250 Event Digeber di Jateng pada 2020, Salah Satunya Festival Kota Lama

Seorang pengunjung Kota Lama, Rosma Ayu sengaja menikmati suasana sore sambil wisata sejarah. Ia datang bersama dengan teman-temannya sambil menunggu waktu buka puasa. “Biasa kalau sore nongkrong sambil jalan-jalan di Kota Lama,” akunya. (cr6/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya