alexametrics

Amankan Arus Mudik, Dishub Semarang Cek Armada Bus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Jelang musim arus mudik Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang mulai melakukan monitoring kesiapan angkutan Lebaran di Terminal Tipe A Mangkang dan Terminal Penggaron, Rabu (21/4). Pengecekan armada ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan proses perjalanan angkutan Lebaran.

Kepala Dishub Kota Semarang Endro P Martanto menjelaskan, animo masyarakat menggunakan bus untuk mudik akan meningkat pesat. Karena itu, sebelum masa mudik Lebaran berjalan, pihaknya memastikan semua armada sesuai dengan standar keselamatan dan laik Jalan.

“Kami lakukan pengecekan armada baik bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP). Kami lakukan inspeksi dan melakukan rampcheck di Terminal Mangkang dan Terminal Penggaron,” katanya Jumat (22/4).

Baca juga:  Mitra Gojek Minta Kantor Dibuka Kembali

Ia menjelaskan, saat melakukan rampchek di Terminal Mangkang, masih ditemukan armada yang tidak memenuhi kriteria keselamatan. Misalnya, kaca spion yang pecah, ada pula perizinan trayek yang telah habis masa berlakunya karena masih proses perpanjangan. “Pada dasarnya sebagian bus ini layak jalan untuk mengangkut pemudik,” papar Endro.

Dishub juga meminta Kepala Terminal Tipe A Mangkang agar mendesak perusahaan armada bus untuk melengkapi hal-hal yang masih belum sesuai dengan standar serta melakukan pengecekan ulang. “Kami berkoordinasi dengan pihak terminal agar turut melakukan pengawasan kelayakan armada demi kenyamanan dan kemanan penumpang,” tuturnya.

Tak hanya kendaraan di Terminal Mangkang, petugas juga melanjutkan pemeriksaan kendaraan di Terminal Penggaron. Pengecekan dilakukan pada setiap bus yang masuk di terminal. “Kami tekankan kepada masyarakat atau pemudik untuk menaati aturan pemerintah, misalnya menaati prokes dan wajib sudah mendapatkan vaksinasi booster,” pungkasnya. (den/ida)

Baca juga:  Mulai Action, 50 Seniman Tampil di Omah Alas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya