alexametrics

Tingkatkan Etos Kerja selama Ramadan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kru Jawa Pos Radar Semarang kembali menggelar Kultum (Kuliah Tunggu Maghrib), di Jalan Veteran 55 Kota Semarang, Kamis (14/4). Pematerinya adalah Wartawan Jawa Pos Radar Semarang Muhammad Iqbal Amar. Ia mengajak seluruh karyawan meningkatkan etos kerja selama Ramadan dengan menilik Perang Badar. “Perang Badar adalah sejarah kemenangan di bulan Ramadan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam Perang Badar jumlah umat Islam hanya 313 prajurit. Mereka bisa mengalahkan kaum Quraisy yang jumlahnya 1000 orang. Sebagai umat muslim mereka tetap berpuasa saat berperang. Di sini etos kerja yang sungguh-sungguh menjadi tumpuan utama umat islam.

Iqbal sapaan akrabnya mengajak umat Islam tidak bermalas-malasan saat bekerja di bulan Ramadan. Menilik pada perang Badar, puasa tidak menjadi alasan untuk mengurung diri dan menunda pekerjaan. Berkurangnya semangat kerja karena puasa disebabkan rendahnya keikhlasan dan kesabaran yang tertanam dalam jiwa.

Baca juga:  Diduga Salah Kontruksi, Rumah Roboh

Menurutnya Ramadan sebagai bulan syahrul mujahadah (bersungguh-sungguh) untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah dan taqarrub kepada-Nya. Ramadan banyak dilalui dengan kegiatan spiritual yang luar biasa dibandingkan bulan yang lain. Kondisi seperti itu menggerakkan hati orang yang sedang berpuasa untuk mencurahkan perhatian penuh pada bulan yang suci ini.

Dengan semangat dan etos kerja yang tinggi, puasa yang dijalani akan penuh manfaat dan hasilnya akan didapat di dunia dan akhirat. “Dari sejarah yang tercatat itu, selayaknya Ramadan menjadi spirit untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas,” terangnya. (cr4/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya