alexametrics

KAI Tambah 16 KA, Bandara Siap Sambut Pemudik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – PT KAI Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang menyiapkan 208.952 tempat duduk tambahan kereta api pada arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2022 ini. Dengan 16 kereta api tambahan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, tempat duduk tambahan ini dibuka untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat arus mudik, baik dari dan menuju Jakarta, Surabaya, ataupun Semarang.

“Sebanyak 16 KA tambahan ini akan mulai beroperasi mulai (22/4) sampai (13/5) mendatang,” katanya Kamis (14/4) kemarin.

Ia menjelaskan, 16 KA tambahan tersebut adalah KA Argo Sindoro Tambahan, KA Argo Muria Tambahan, KA Sembrani Tambahan, KA Tawang Jaya Premium, KA Ambarawa Ekspress dua, KA Menoreh, KA Tegal Bahari, dan KA Kamandaka.

Baca juga:  Sebulan Sudah Terjadi Lima Kali, Penyelundupan Narkoba Dilempar dari Luar Lapas Kedungpane

Selain itu pada masa angkutan Lebaran Idul Fitri 2022, KAI Daop 4 Semarang akan menjalankan rata-rata 94 perjalanan KA Jarak Jauh dan Menengah per hari. “Dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 36.579 tempat duduk per hari,” jelas dia.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mulai melakukan berbagai rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut di antaranya persiapan Posko Angkutan Udara Hari Raya Lebaran, menyediakan layanan tes Covid-19 dan fasilitas layanan vaksinasi booster di bandara, serta memperpanjang operating hour bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan, jika pihaknya akan tetap memberikan pelayanan di bandara secara optimal dalam libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang. Mengingat dalam dua tahun terakhir, masyarakat memang tidak diperbolehkan untuk mudik Lebaran.

Baca juga:  Kejagung Sita 19 Aset Tersangka Pencucian Uang LPEI Senilai Rp 162 Miliar di Kota Semarang

“Untuk mengakomodasi syarat perjalanan udara, kami bekerjasama dengan berbagai instansi terkait untuk menyediakan layanan tes Covid-19 dan sentra vaksinasi booster di bandara,” kata Hardi, Kamis (14/4).

Selain itu, untuk mempermudah masyarakat melakukan perjalanan melalui udara, Bandara Ahmad Yani akan memperpanjang waktu operasional bandara dari pukul 07.00 hingga pukul 19.00. Sama seperti di perjalanan KA, aturan wajib vaksinasi booster, tidak harus melampirkan surat negatif Covid-19.

Hardi menjelaskan, akan menyiapkan layanan tes Covid-19 di area gedung parkir, Klinik Angkasa Media yang beroperasi pada pukul 06.00 hingga pukul 16.30 dan Klinik Mugi Sehat dengan waktu operasional pukul 09.00 hingga 15.00.

“Kita juga mengakomodasi yang belum vaksin booster untuk mendapatkan vaksin, dengan membawa kartu identitas diri, menunjukkan tiket penerbangan mulai H-3 jam penerbangan, dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,” pungkas dia. (den/ida)

Baca juga:  Simpang Hanoman Ditutup, Trans Semarang Siapkan 14 Fedeer

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya