alexametrics

Penataan Kampung Melayu Semarang Ditarget Rampung Juni

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Kawasan Kampung Melayu diproyeksikan sebagai destinasi wisata baru Kota Semarang. Saat ini masih proses pemugaran. Peningkatan kualitas permukiman kumuh kawasan Kuningan Dadapsari Kota Semarang telah mencapai 50 persen. Rencananya pemugaran ditarget rampung Juni mendatang.

Wilayah Kampung Melayu merupakan pengembangan kawasan Heritage Semarang Lama. Terbagi dalam empat bagian, di antaranya, Oude Stad (Kota Lama saat ini), Kampung Melayu, Pecinan, dan Kauman.

“Pembangunan sudah sejak September tahun lalu. Diperkirakan Juni akan selesai,” kata Anggoh Dwi, pelaksana pembangunan dari PT Jasamarga Tollroad Maintenance kepada Jawa Pos Radar Semarang

Anggoh mengatakan, saat ini sedang dilakukan revitalisasi selokan. Masih dalam proses perbaikan drainase ruas jalan kawasan Kampung Melayu. Perbaikan selokan meliputi Simpang Petek, Jalan Kakap, Simpang dorang Layur, hingga Jalan Yos Sudarso.

Baca juga:  Tumbuhkan Minat Berkesenian, Gelar Spektakuler Show

Kampung Melayu nantinya menjadi destinasi wisata satu kesatuan dengan Kota Lama. Kelurahan Dadapsari mendapatkan porsi pembangunan lebih banyak daripada Kelurahan Kuningan.

Wujud Kampung Melayu tidak banyak yang diubah. Setelah revitalisasi selokan, dilanjutkan dengan pembangunan jalan, untuk memberikan fasilitas bagi pejalan kaki di area wisata. Selain itu, juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau, ruang publik, dermaga, gapura, dan jembatan sebagai fasilitas penunjang.

“Kalau dari segi tata letak tidak banyak yang berubah. Kita hanya memperbaiki masalah drainase, pedestrian, dan fasilitas pendukung lainnya,” terangnya

Warga sekitar, Nunik menyambut baik dengan adanya perbaikan di Kampung Melayu. Dengan menjadi destinasi wisata maka akan menciptakan lahan pekerjaan baru. Produk UMKM baru akan muncul, sehingga perekonomian warga sekitar akan meningkat

Baca juga:  Tempat Hiburan Boleh Beroperasi Asal Kantongi Izin Disbudpar

“Saya seneng ya, Mas. Dengan begini nasib warga Kampung Melayu lambat laun akan berubah lebih baik. Semoga pembangunan seperti ini terus berlanjut,” harapnya. (cr6/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya