alexametrics

Shopping Center Johar Ditarget Rampung Juni

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mulai melakukan revitalisasi Shopping Center Johar (SCJ). Target pembangunannya rampung pada Juni mendatang. SCJ ini untuk mengakomodasi pedagang Johar yang masih berjualan di tempat relokasi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Seperti diketahui, kontrak kerjasama antara Pemkot Semarang dan pihak MAJT berakhir pada Desember 2021 lalu. Namun masih para pedagang masih mendapat kelonggaran untuk tinggal di tempat relokasi sampai pembangunan SCJ rampung.

Site plan sudah kami terima dari Dinas Penataan Ruang (Distaru). Jika Juni rampung, kami akan membuka pendaftaran tahap kedua untuk pedagang dasaran terbuka dan pancakan yang masih belum mendapatkan lapak,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Nurkholis kemarin.

Baca juga:  Persiapan Sudah 100 Persen, SMAN 5 Siap Pembelajaran Tatap Muka

Pihaknya akan membuka pendaftaran tahap kedua yang dikhususkan untuk pedagang yang belum mendapat lapak ataupun belum terdata. Total ada sekitar 2 ribu lebih pedagang yang belum terakomodasi atau belum mendaftar ke Dinas Perdagangan. “SCJ ini akan digunakan dari lantai 1 sampai 5 dengan kapasitas 1.900-an lapak berupa kios dan los,” tuturnya.

Meski pembangunan belum rampung, dalam waktu dekat atau minimal setelah Lebaran akan dilakukan persiapan berupa penataan zonasi, termasuk antara kios dan los. “Juni kan targetnya rampung. Nah sebelum itu, kami persiapkan dulu zonasinya bagaimana, termasuk penataan dan pendaftaran pedagang,” jelasnya.

Disinggung terkait tempat relokasi yang dibangun untuk 130 pedagang korban kebakaran di dekat Pasar Kanjengan, Nurkholis mengaku, sudah mengeluarkan surat peringatan kepada pedagang agar menempati lapaknya. Jika tidak, haknya untuk menempati SCJ bisa saja hilang.

Baca juga:  Anggota Ferari Diharapkan Mampu Menggerakkan Roda Organisasi

“Kami sudah memberikan peringatan bagi yang belum menempati pasar relokasi. Padahal mereka sendiri yang minta difasilitasi. Kami harap, pekan ini bisa ditempati. Kalau masalah modal, mereka sudah mendapatkan bantuan,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Distaru M Irwansyah menjelaskan, jika pembangunan SCJ saat ini sudah mulai dilakukan, pasca penetapan pemenang lelang beberapa waktu lalu. Pagu anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 5 miliar.

“Lelangnya sudah ada pemenangnya. Targetnya Juni ini bisa rampung atau akhir Mei. Sehingga pedagang yang belum mendapatkan lapak bisa masuk,” tuturnya.

Ia menjelaskan, proyek pembangunan SCJ merupakan salah satu proyek yang penting untuk mengakomodasi kebutuhan pedagang yang kontraknya habis di MAJT. SCJ akan dibangun serepresentatif mungkin. “Ini berkaitan dengan pedagang, nanti setelah ditempati akan dilakukan finishing,” jelasnya. (den/ida)

Baca juga:  Tanaman Mengering, Taman Kota Gersang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya