alexametrics

Hendi Lirik Pembangunan Semarang Metaverse City

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pembangunan kota kembar di dunia metaverse mulai dilirik Wali Kota Semarang,Hendrar Prihadi. Dalam akun media sosial miliknya misalnya, Hendi –sapaan akrab wali kota–membocorkan jika Semarang saat ini untuk membangun kota kembar di dunia metaverse.

Misalnya, melalui akun TikTok @Hendrar_Prihadi di mana dirinya mengunggah sebuah video yang disebut sebagai ‘Semarang Metaverse City’. Unggahan tersebut pun ditanggapi antusias oleh warganet yang mendorongnya untuk segera merealisasikan project tersebut.

“Untuk membangun Semarang ke arah kota metaverse masih sangat panjang, salah satunya soal perangkat yang masih relatif mahal, sehingga mungkin belum banyak yang bisa menikmati teknologi metaverse saat ini,” kata Hendi.

Hendi menyebut jika project Semarang Metaverse City masih berada pada tahap pertimbangan. Pasalnya, walau teknologi metaverse digadang – gadang sebagai masa depan ekonomi digital, tapi doktor kota cerdas Universitas Diponegoro itu masih menimbang soal urgensitasnya saat ini, serta terkait keamanan data para user yang akan menggunakan layanan tersebut.

Baca juga:  Komix Herbal Serahkan Hewan Kurban ke Radar Semarang

“Tapi hari ini kami menunjukkan bahwa Kota Semarang telah siap jika memang ke depan penerapan teknologi ini menjadi tuntutan, terlebih dalam merangsang pembangunan ekonomi digital di Kota Semarang,” tuturnya.

Hendi menuturkan, menerapkan sistem cerdas tak boleh sekadar mengikuti tren, tetapi harus sesuai dengan karakteristik masyarakat yang ada saat ini.

“Hari ini dengan sistem smart government yang diterapkan di Pemkot Semarang sebenarnya pelayanan publik pun sudah bisa dilakukan hanya dari gawai masing – masing. Tapi yang mengakses layanan publik secara langsung juga masih banyak, sehingga hari ini baik konvensional maupun digital kita mix,” jelasnya.

Guru Besar Unika Soegijapranata bidang Sistem Informasi Prof Ridwan Sanjaya mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam membangun Smart City.

Baca juga:  Pangdam Izinkan Saluran Depan TMP Ditutup

“Sebenarnya yang paling utama dalam Smart City adalah masyarakat mendapatkan solusi, dan kalau kita lihat di Semarang ini semua layanan tersedia baik fisik maupun digital. Misalnya, layanan Ambulans Hebat yang terbukti menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat,” terangnya.

Terkait proyek pembangunan Semarang Metaverse City, walaupun Hendi menyebutkannya sebagai project jangka panjang, namun Ridwan meyakini bahwa kehadiran Kota Semarang di dunia metaverse tidak akan terlalu lama. Hal itu mengingat Pemerintah Kota Semarang selama ini cukup masif dalam urusan Smart City.

“Saya yakin sih cepat ya, tidak dalam waktu yang terlalu lama,” kata Ridwan optimistis. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya