alexametrics

Wali Kota: Kuncinya Kolaborasi dan Adaptasi

Hendi dan Mbak Ita Hadir di HUT Radar Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Jawa Pos Radar Semarang diramaikan oleh kehadiran Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Di tengah padatnya jadwal kegiatan, Hendi –sapaan akrab wali kota– menyempatkan diri untuk berkumpul dengan seluruh karyawan koran ini yang menggelar tasyakuran sederhana di pool side gedung belakang Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (1/4) siang.

Begitu turun dari mobil Toyota Innova putih nopol H 1111 ZA sekitar pukul 13.30, Hendi disambut Pemimpin Redaksi Arif Riyanto dan sejumlah pimpinan koran ini. Mendekati tangga lantai 2, Hendi disambut Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi. Keduanya bersalaman erat lalu saling beradu jidat alias salam adu banteng. Keduanya berjalan menuju pool side.

Begitu masuk ruangan, seluruh karyawan serta tamu agen dan pengasong berdiri menyanyikan selamat ulang tahun kepada orang nomor satu di Kota Semarang ini. Kebetulan pada 30 Maret lalu, Hendi merayakan ulang tahun ke-51.
“Lho-lho, ini yang ulang tahun Radar Semarang atau saya,” katanya disambut tepuk tangan.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mematikan lilin kue ulang tahun bersama Baehaqi dan perwakilan agen koran. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Setelah menyapa para karyawan, Hendi didaulat untuk memberikan sambutan. Ia sangat mengapresiasi kinerja koran ini yang terus eksis meski dipukul pandemi selama dua tahun. Menurut suami Krisseptiana ini, kenapa Jawa Pos Radar Semarang bisa terus eksis, bahkan berkembang, kuncinya dua. Yakni, kolaborasi dan adaptasi. Doktor lulusan Undip ini menilai, selama ini Jawa Pos Radar Semarang banyak melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Semarang dengan program-program yang turut menyukseskan pembangunan dan memajukan Kota Semarang.

Baca juga:  Unnes Launching Smart Library

“Mulai dari program Sang Praja, Kampung Hebat, dan kegiatan lainnya. Mas Baehaqi ini hebat sekali, merancang banyak program, tapi nggak pernah ngrembug duite,” ujar Hendi sambil tersenyum yang disambut tepuk tangan.

Menurutnya, dengan kolaborasi kreatif semacam ini, Radar Semarang bersama seluruh mitra dapat bergerak bersama. Kemudian mampu mengakselerasi pertumbuhan media dengan waktu yang realtif singkat.

Hendi juga mengakui adaptasi koran ini untuk bertransformasi mengikuti pekembangan teknologi terbilang cepat. Kemampuan adaptasi menjadi penentu bertahannya suatu media. Bagi mereka yang tak menyesuaikan, akan tertinggal. Hendi meyakinkan para pegawai, “Indonesia butuh sampeyan kabeh!”
Selanjutnya diserahkan kue ulang tahun oleh Hendi kepada Baehaqi. “Kalo kemarin, kami yang memberikan kue ke Pak Hendi, sekarang beliau yang memberikan kue kepada kami,” kata Baehaqi sambil memadamkan lilin dengan kibasan potongan kardus.

Setelah itu, Hendi beramah tamah dengan jajaran pimpinan koran ini secara lesehan. Banyak yang diungkapkan, di antaranya rencana menggelar pasar terapung di Sungai Banjir Kanal Barat, persiapan ramadan di kawasan Kota Lama, dan penurunan PPKM ke level 1 dalam waktu dekat. Sebelum meninggalkan kantor Jawa Pos Radar Semarang, Hendi didaulat untuk melepas balon sebagai simbol koran ini akan terus melambung tinggi meski di situasi yang tidak mudah.

Baca juga:  Pasar Semawis Semarang Kembali Dibuka, Pengunjung Membludak

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Hahayu juga hadir. Ia menyampaikan dukungan dan optimisme kepada media ini. Ia mengaku hampir setiap pagi belum lengkap jika belum membaca Jawa Pos Radar Semarang. “Koran ini sangat diperhitungkan, bahkan sampai tingkat nasional,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Mbak Ita –sapaan akrabnya –juga menyerahkan kue ulang tahun kepada Baehaqi. Kue yang dikirim Mbak Ita sejak pagi itu didesain khusus. Di bagian atas terdapat gambar Jawa Pos Radar Semarang. “Pak Bae seperti eman mau motongnya ya? Lha gambarnya bagus banget,” canda Mbak Ita.

Selain para karyawan, kegiatan kemarin juga dihadiri para agen, subagen dan pengasong. Para agen datang bersama keluargamasing-masing. Koran ini sangat mengapresiasi kerja agen koran selaku garda terdepan distribusi koran sampai di tangan pembaca. Dalam kesempatan itu, perwakilan agen juga diminta memberikan sambutan, yakni Nuri dari Hana Agency Banyumanik.

Sedangkan Baehaqi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sengaja mengatur agenda tasyakuran kemarin dengan acara makan-makan sebelum sambutan. Sebab, hari jadi ke-22 ini telah banyak suka dan duka dilalui bersama. Jatuh bangun perusahaan, hingga hari ini masih bertahan. Lalu optimistis untuk terus melangkah maju. “Kuluu min rizkillah wasykurullah, makanlah bagian dari rezeki Allah, dan bersyukurlah kepada-Nya,” tegas Baehaqi dalam sambutannya.

Baca juga:  47 ASN Naik Pangkat, Wali Kota Magelang: Godaan PNS Itu Banyak

Baehaqi meminta para pegawai untuk ikhlas dalam bekerja dan saling membantu. Kemudian bersama-sama untuk melakukan hal kecil secara konsisten. Maka suatu hari hasil kebaikan akan luar biasa dinikmati bersama.
Pemimpin Redaksi Arif Riyanto mengakui hal itu. Terlebih tak mudah bagi industri media untuk bertahan saat digempur pandemi. Meski belum mampu tumbuh meroket, hari ini patut disyukuri karena perusahaan masih berkecukupan. “Sekali lagi, seperti yang telah kita tanamkan, koran cetak akan tetap eksis,” tegas Aro, sapaan akrab Arif Riyanto. Acara ditutup dengan foto bersama di taman dan kolam renang kantor.

Seharin kemarin, sejumlah tamu hadir menyampaikan ucapan selamat kepada koran ini. Antara lain, datang dari Dafam Group, Astra International Tbk -Honda Jawa Tengah, Hotel Whizz Pemuda Semarang, dan Hotel Ciputra. Selain itu, sejumlah karangan bunga datang dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Bupati Magelang, Bupati Batang, Bupati Pekalongan, Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, Astra International Tbk -Honda Jawa Tengah, Jawa Pos Radar Kudus, serta Direktur PT Alimdo Ampuh Sejahtera Sunatha Liman Said. (taf/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya