alexametrics

Hilal Tak Terlihat dari Menara Al-Husna MAJT

Puasa Ramadan Dimulai 3 April

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Rukyatul Hilal dilakukan oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang. Kegiatan untuk menentukan tanggal 1 Ramadan ini dilakukan di Menara Al-Husna MAJT, Jumat (4/1) petang. Dalam rukyatul itu, hilal belum bisa dilihat, sehingga Ramadan dipastikan jatuh pada Hari Ahad (Minggu), 3 April 2022.

Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Semarang Mohammad Shofa menjelaskan, hasil hisab dan rukyat di Menara Al-Husna MAJT dengan elongasi tiga derajat dan lama hilalnya di atas ufuk sekitar sembilan menit belum bisa dilihat. Posisi hilal dilihat dari Menara Al-Husna ini mempunyai ketinggian dua derajat satu menit tiga detik.

“Tadi untuk pengecekannya dari terbenamnya matahari sekitar pukul 17.43, kita melaksanakan rukyatul hilal. Lalu terbenam hilal pukul 17.54. Kita tadi butuh waktu untuk rukyatul hilal sekitar 9 sampai 10 menit,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (1/4).
Sehingga pihaknya tidak dapat melihat hilal dengan kriteria yang ditentukan.

Baca juga:  Partai Golkar Lakukan Ini pada Generasi Milenial

Koordinator hisab rukyat MAJT M Himmatur Riza menjelaskan, berdasarkan laporan yang ada di Grup WA yang merupakan beberapa tempat untuk rukyatul hilal, seperti Condrodipo Gresik, Lamongan, Bandung dan Makassar, tidak bisa melihat hilal. Dengan alasan yang sama, yakni mendung dan ketinggian hilal masih di bawah kriteria rukyatul hilal.

“Sehingga kemungkinan besar untuk 1 Ramadan ini akan jatuh pada hari Ahad atau Minggu,” katanya didampingi santri Pesantren Life Skill Darun Najaah. (fgr/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya