alexametrics

44 Peserta Ikuti Lelang Jabatan Pemkot Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangProses seleksi lelang jabatan pada 11 organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Semarang, Selasa (22/3) kemarin, memasuki tahap wawancara dan pemaparan program kerja. Ini merupakan proses ketiga yang akan berakhir pada Rabu (23/3) hari ini. Total ada 44 peserta yang ikut dalam seleksi. Mereka telah memenuhi syarat administrasi maupun golongan untuk mengisi jabatan yang kosong.

Menurut informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang, nama-nama pejabat senior seperti M Irwansyah yang menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Penataan Ruang, Kabid PPUD Satpol PP Kota Semarang Marten da Costa, mantan Camat Tugu yang saat ini menjabat sebagai Kabag Umum Setwan Anton Siswartono ikut dalam seleksi.

“Setidaknya hampir separo dari peserta sudah ikut tahap ketiga ini. Kami ingin calon yang mengisi jabatan kosong ini punya kecakapan dan pemikiran dalam bekerja. Pak Wali mencari sosok OPD yang bisa bekerja dengan cepat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin, kemarin.

Baca juga:  Kasus Perceraian di Semarang Didominasi karena Faktor Ekonomi

Pria yang juga menjadi Ketua Panitia Seleksi (Pansel) ini menuturkan, masing-masing peserta punya nilai plus dan minus. Ada peserta yang menonjol dalam satu sisi, namun ternyata masih memiliki kekurangan di sisi lainnya. Namun ada juga yang menonjol dari penguasaan materi hingga tahapan ketiga seleksi lelang jabatan terbuka tersebut.

“Harapan kami, malam ini (kemarin malam, Red) bisa rampung tahap ketiga. Kita nanti melihat akumulasi nilai yang didapatkan peserta sebelum memutuskan siapa yang lolos dan mengisi jabatan yang kosong dan dilelangkan,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang ini mengapresiasi banyak inovasi baru dari peserta. Namun ia menegaskan jika pemkot membutuhkan pimpinan OPD yang cakap, bekerja cermat dan cepat.

Baca juga:  Global Elektronik Buka Toko Kelima

”Ini karena kami melihat bahwa visi misi Pemkot Semarang harus tercapai dalam waktu dekat, yakni hingga 2024,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang Abdul Haris menambahkan, setelah nilai akumulasi keluar, lanjut dia, akan diambil tiga  dengan nilai terbaik di masing-masing jabatan yang dilelangkan.

“Nanti akan diserahkan ke Pak Wali, untuk mengetahui persis apa yang akan dilakukan saat peserta tersebut menjadi pimpinan OPD. Misalnya, sesuai dengan visi misi dan inovasi yang akan dilakukan, nanti juga diminta membenahi kalau ada kekurangan dari program kerja yang ada,” ujarnya.

Dari data yang ada, 11 jabatan yang dilelang adalah Sekretaris Dewan (Sekwan), kepala Dinas Penataan Ruang, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan kepala Dinas Sosial.

Baca juga:  Siapkan Pegawai, Pegadaian Antisipasi Era Digital

Selain itu, Staf Ahli Wali Kota bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Staf Ahli Wali Kota bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. (den/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya