alexametrics

22 Negara Meriahkan Kompetisi Sains Internasional di Udinus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 501 tim yang berasal dari 22 negara di dunia, mengikuti Youth National Science Fair (YNSF) dan Youth Internasional Science Fair (YISF) di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Mereka terdiri atas tim dari level SD, SMP, SMA/SMK sederajat, dan perguruan tinggi.

YNSF merupakan ajang kompetisi sains proyek tingkat nasional yang diikuti oleh 42 tim dari seluruh Indonesia. Sedangkan YISF merupakan kompetisi yang diikuti oleh 459 tim dari berbagai negara di dunia. Tahun ini, ajang ini diselenggarakan secara hybrid dan Udinus mendapat kehormatan menjadi tuan rumah.

“Kami sudah menyiapkan prasarana dan sarana sebaik mungkin. Kami harap generasi muda bangsa Indonesia tidak berhenti berinovasi. Dengan adanya ajang ini, mereka semakin terpacu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Supriadi Rustad, Selasa (15/3).

Baca juga:  RW 4 Mangunharjo Resmi Jadi Kampung Pancasila

Dalam ajang berskala nasional dan internasional ini, Udinus telah mempersiapkan Live Judging Session, puluhan dosen Udinus akan terlibat sebagai juri. Sementara para peserta akan mendapatkan wawasan baru pada sesi Inventors Talk dan Webinar akan ditutup dengan Awarding Ceremony.

“Kami harap ajang ini mampu menjadi wadah bagi inovasi kaum muda dari berbagai negara, terutama di bidang sains,” tambah President Indonesian Young Scientist Association (IYSA) Deny Irwan MPd.

Sebagai tuan rumah ajang bertaraf internasional, Udinus telah mempersiapkan protokol kesehatan secara ketat. Berbagai sarana untuk mencegah penyebaran Covid-19 sudah disiapkan dengan matang. Udinus menyiagakan Liaison Officer (LO) yang terdiri atas mahasiswa Udinus untuk memandu para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. (den/ida)

Baca juga:  Kapolda dan Pangdam Blusukan Bagikan Sembako

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya