alexametrics

Ubah Image Eks Lokalisasi Sunan Kuning dengan Pasar Rakyat New Eska

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Pemerintah Kecamatan Semarang Barat berupaya keras mengubah image atau pandangan negatif Eks Lokalisasi Sunan Kuning. Bahkan berusaha menyulapnya menjadi Kampung Kuliner Kalibanteng Kulon dengan mengadakan Pasar Rakyat New Eska yang melibatkan 60 UMKM Minggu (13/3).

Koordinator UMKM Kalibanteng Kulon Asror menjelaskan, Jalan Argorejo RW 4 dulunya terkenal dengan tempat esek-esek. Namun saat ini hanya tempat karaoke yang berizin saja yang dapat beroperasi. Nah dengan dibukanya Pasar Rakyat New Eska, semoga dapat mengubah pandangan negatif masyarakat atas daerah tersebut.

“Sekarang bukan lagi Eska, tapi New Eska yang ada wisata kulinernya. Di sini masyarakatnya bisa berinovasi dan menopang hidupnya dari usaha kuliner,” jelasnya.

Baca juga:  Hendi Gandeng PT POS untuk Tingkatkan Layanan Publik di Kota Semarang

Lurah Kalibanteng Kulon Syukri menjelaskan, selain membuka pasar rakyat sekaligus peresmian Kampung Kuliner Kalibanteng Kulon. Ada delapan shelter UMKM yang diisi oleh PKK, RW, LPMK, dan para pelaku UMKM. “Kami berupaya menggerakkan perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19,” jelasnya.

Shelter yang dibangun tahun 2021 lalu ini, memfasilitasi 60 UMKM di Kalibanteng Kulon. Produk unggulannya adalah krispi singkong dan telur asin. “Krispi singkong sebenarnya masih kesulitan mendapatkan bahan baku. Selama ini bisa dapat dari Gunungpati,” katanya.

Camat Semarang Barat Heroe Soekendar menjelaskan, melalui Pasar Rakyat New Eska ini memberikan ruang kepada para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. “Kami juga akan melakukan pelatihan marketing melalui online,” katanya.

Baca juga:  Optimistis Perekonomian Semarang akan Segera Bangkit

Rencananya, setiap Minggu pagi di Jalan Argorejo RW 4, Kelurahan Kalibanteng Kulon, Semarang Barat, akan rutin menggelar wisata kuliner. “Kalau bisa setiap sore ada, tidak masalah. Supaya tempat ini menjadi tempat dengan kegiatan positif,” jelasnya. (fgr/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya